Menu

DLH Kaltim Mendampingi Menteri LHK RI Menerima Kunjungan Menteri LH Republik Kongo

By Dinas Lingkungan Hidup 03/29/2023 No Comments 1 Min Read

Sepaku, Penajam Paser Utara – Mewakili Kepala Dinas, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi KalimantanTimur Rudiansyah bersama para Kepala UPTD Dinas Kehutanan serta P3E Kalimantan mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menerima kunjungan dari Minister of Environment, Suistainable Development and The Congo Basin, Republic of Congo, Arlette Soudan – Nonault.

Dalam lawatannya yang kedua kalinya sejak sebelumnya di tahun 2018, kunjungan Menteri Arlette kali ini ke Indonesia sebagai utusan khusus membawa undangan resmi dari Presiden Republik Kongo kepada Presiden RI untuk menghadiri The Amazon-Congo-Borneo Mekong Three Basins Summit and The World Decade of Afforestation yang akan diselenggarakan di Brazzaville, Kongo, tanggal 14-15 Juni 2023 mendatang.

Selama kunjungan di Indonesia, Menteri Arlette berkesempatan mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat, Show Case Mangrove G20 dan Mangrove Information Center di Bali, Persemaian Rumpin di Kabupaten Bogor Jawa Barat, serta terakhir mengunjungi IKN dan Persemaian Mentawir di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser utara, Kalimantan Timur.

Ditemui setelah berlangsungnya kegiatan, Rudiansyah, mengatakan bahwa menteri Arlette mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Indonesia dalam menangani dampak perubahan iklim melalui rehabiitasi hutan dan lahan.

Dikatakan beliau, langkah nyata yang dilakukan oleh Indonesia dapat dilihat dari salah satu tndakannya seperti persemaian Mentawir yang berada di lokasi IKN ini.

Di tempat ini, Menteri Arlette juga banyak bertanya mengenai jenis tanaman yang diproduksi pada persemaian Mentawir ini, juga sistem irigasi yang digunakan.

Terakhir, Menteri Arlette juga mengatakan bahwa dalam hal pengelolaan hutan lestari, Indonesia telah melaksanakan banyak program nasional, dan untuk itu maka beliau pun mengundang Indonesia untuk memperkenalkan program-program terebut kepada dunia di special event pada sela-sela pertemuan Basin Summit mendatang.

 (PPID Pembantu DLH Prov. Kaltim)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *