Kunjungan Pemprov Kaltim Kedubes RI Di London

Kunjungan Pemprov Kaltim Kedubes RI Di London

Category : Uncategorized

London – Setelah melalui perjalanan selama terbang dari Jakarta menuju London selama +/- 21 jam di minggu  (07 /11) hingga tiba di London senin (08/11), di hari selasa  (09/11) Delegasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang dipimpin bapak Isran Noor mengadakan anjangsana ke kedutaan besar RI dan bertemu dengan duta besar bapak Desra Percaya.

Dalam sambutannya Desra menyambut baik kedatangan Rombongan Pemprov Kaltim menyampaikan sangat senang dengan kedatangan bapak Gubernur dan rombongan dan menyapa satu persatu anggota. Dikatakan oleh beliau bahwa UK adalah salah satu center of excellence  di dunia pendidikan dan berharap jika pemprov bisa memanfaatkan kerjasama dengan perguruan tinggi di UK untuk pelajar dan mahasiswa dari kaltim, maka kedubes siap memfasilitasi. Lebih lanjut dikatakan beliau terkait dengan pengendalian perubahan iklim, pasar carbon terbuka sangat luas sebagai contoh apabila kita menanam pohon menjaga hutan melindunginya maka hal tersebut bisa mendapatkan kompensasi dari pelaksanaannya.

“Kedepan pemanfaatan energi baru terbarukan juga makin berkembang yang sudah tidak lagi bergantung pada energi fosil tetapi berubah menjadi energi matahari, air, pasang surut dan angina atau basis energy bersih lainnya” ungkapnya penuh kehangatan. 

Gubernur Isran Noor dalam sambutan balasan, memperkenalkan anggota Delegasi  antara lain Ibu Norbaiti, Bupati Berau Ibu Sri Juniarsih,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Kehutanan dan Kepala Biro Humas Gubernur serta Staf Khusus Gubernur Bidang Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim serta anggota lain.

Isran Noor menyatakan bangga dan bahagia bisa bertemu di kedutaan besar Indonesia untuk negara Inggris. Seperti diketahui bersama Pemprov Kaltim ditunjuk menjadi pilot project penurunan emisi dalam program FCPF-CF dari Bank dunia. “Saat ini telah terbentuk sebuah kesepakatan di mana Bank dunia bersedia untuk membeli 22 juta ton CO2eq penurunan emisi Kaltim dalam rentang waktu tahun 2020 – 2024 dan berdasarkan tim ahli Kaltim dalam rentang tahun tersebut Kalimantan Timur berpotensi menurunkan hingga mencapai lebih dari 40 juta ton CO2eq,” ungkap Isran Noor.

Diskusi pun berlanjut dengan jamuan makan siang yang telah disiapkan kedutaan besar Indonesia untuk untuk  delegasi COP26 Provinsi Kalimantan timur dengan makanan khas Indonesia. Dan yang menjadi “surprise” adalah Dubes RI untuk UK di sela sela makan siang menyumbangkan kemahiran beliau meniup saxophone mengalunkan salah satu lagu nostalgia.

Melalui sambungan telepon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi kalimantan Timur, Rizal, menyampaikan mengapresiasi kehangatan penerimaan Dubes RI dan staf dan berharap kunjungan ini akan menjadi pintu masuk bagi kerjasama yang lebih besar lagi untuk pemerintah provinsi dan masyarakat Kaltim yang akan difasilitasi oleh kementerian luar negeri melalui jajaran kedubes Ri di United Kingdom.

(PPID DLH Prov. Kaltim)

#ClimateChange #COP26


Leave a Reply