Pelantikan Pengurus Forum Bank Sampah se-Kaltim Periode 2021-2024

Pelantikan Pengurus Forum Bank Sampah se-Kaltim Periode 2021-2024

Category : Uncategorized

BALIKPAPAN – Menjalankan Tugas dan Fungsinya dalam pengelolaan sampah di wilayah Kalimantan Timur, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melangkah maju dengan melaksanakan Pelantikan Pengurus Forum Bank Sampah se-Kaltim Periode 2021-2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Rabu (09/06) di Hotel Golden Tulip Balikpapan dengan menghadirkan Wakil Gubernur Kaltim, Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si yang didaulat untuk melantik pengurus Forum Bank Sampah se-Kaltim.

Diutarakan oleh Kepala Dinas, Bapak E.A Rafiddin Rizal pada kegiatan tersebut bahwa pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan. “ Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir” ujar Rizal.

“Hal tersebut dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat,  aman bagi lingkungan dan juga dapat merubah perilaku masyarakat “ lanjut beliau.

Sesuai dengan pasal 3 angka (2) PERGUB No.75 Tahun 2020, kegiatan pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dilakukan melalui pembatasan timbulan (Reduce), pemanfaatan kembali (Reuse) dan pendauran ulang (recycle) atau yang disebur 3R. Adanya gagasan aksi perubahan Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berabahaya dan Beracun  dengan kampanye SALAM 5 M( mengurangi, MEMILAH, memanfaatkan, mendaur ulang , MENABUNG)  RINDU BANK RAMLI ,  fasilitasi kerjasama pemerintah dengan BANK SAMPAH melalui FORUM KOMUNIKASI BANK SAMPAH SE-KALTIM , menyatukan stake holder dalam mewujudkan KALTIM BERSIH SAMPAH 2025.

“Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan khususnya di tingkat lokal, sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan berkontribusi aktif  mengelola lingkungan dalam restorasi ekosistem.

“Selamat bagi para pengurus yang telah dilantik, tugas besar menanti, banyak harapan pemerintah dan masyarakat di pundak para pengurus, dan saya atas nama Pemerintah Provinsi dalam hal ini melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur mengucapkan terima kasih atas kesediaannya berkontribusi untuk Kalimantan Timur kita tercinta” pungkas beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply