Pulihkan Bumi Kita

Pulihkan Bumi Kita

Category : Uncategorized

SAMARINDA – “Tepat pada hari ini, Kamis 22 April 2021, merupakan Hari Bumi Internasional” demikian ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Bapak E.A.Rafiddin Rizal ditemui di ruang kerjanya.

“Dengan tema yang diusung yaitu Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita ini memiliki tujuan meningkatkan kesadaran publik tentang keadaan Bumi saat ini” ujar beliau.

Hari Bumi ini sendiri pertama kali dicanangkan oleh pengajar lingkungan Amerika Serikat Gaylord Nelson pada 1970, dimana Sejarah Hari Bumi dimulai pada tahun 1960 an hingga 1970an pada saat Amerika Serikat sedang mengalami gejolak ekonomi dan politik.

Sebagai kontribusi nyata bagi lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hodup Provinsi Kalimantan Timur telah melakukan berbagai macam kegiatan dalam mendukung kelestarian bumi.

“Kalimantan Timur dalam hal ini melalui DLH Kaltim terus berkontribusi dalam mengambil langkah-langkah mitigasi dalam menghadapi ancaman perubahan iklim yang dihadapi dunia saat ini yang dituangkan dalam Indikator Kinerja Utama yaitu Menurunnya Emisi Gas Rumah Kaca  ” kata beliau.

Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim juga sejauh ini telah mendorong segenap masyarakat kalimantan timur untuk menggalakkan berbagai aksi dalam menjaga kelestarian alam, berupa gerakan menanam pohon, pengelolaan sampah dengan cara mengurangi timbulan sampah, memilah dan mendaur ulang sampah, menggunakan peralatan hemat energi dan hal hal lain dengan tujuan agar bumi berkesempatan untuk memperbaiki dirinya.

“Sebagai salah satu wujud nyata yang juga telah dilakukan adalah menggagas dan mendorong terbentuknya Taman Keanekaragaman Hayati di Kalimantan Timur” kata beliau.

“Saat ini Kalimantan Timur dirancang Taman Kehati yang secara administratif berada di di area Konservasi Multifungsi Mayong  Desa Merapun, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, yang Insyaa Allah akan merupakan Taman Kehati yang akan menjadi yang terluas yang ada di Indonesia” lanjutnya

Dimana Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan telah berhasi diidentifikasi sekitar 500 tumbuhan dengan variasi jenis 149 tanaman yang didominasi oleh tumbuhan Ulin, Meranti Merah, Mahang dan Tapos.

“Selamat Hari Bumi Sedunia, mari pulihkan bumi kita” pungkas beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons