Rapat Teknis Kegiatan Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup

Rapat Teknis Kegiatan Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup

Category : Uncategorized

Samarinda –  Bertempat di Ballroom Hotel Midtown Samarinda, tanggal 17 Februari 2020, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Rapat Teknis Pemantauan Lingkungan Hidup yang dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bapak E.A Rafiddin Rizal, ST, M.Si.

Hadir sebagai tamu undangan pada acara tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dengan narasumber dari Direktorat Jenderal Pengendalian  Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Kabupaten/Kota terkait adanya penambahan Indeks Kualitas Air Laut sebagai perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) selain  Indeks Kualitas Air (IKA) dan Indeks Kualitas Udara (IKU), serta menjadi salah satu kewajiban Dinas Lingkungan Hidup Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk memberikan data atau informasi kepada masyarakat terkait kualitas air sungai, laut dan udara.

Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah mengenai kewajiban bagi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mengetahui daya tampung bahan pencemar di masing-masing sungai yang ada di Kabupaten/Kota.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan kegiatan pemantauan kualitas air sungai, air laut dan udara ambien secara manual maupun menggunakan alat online monitoring (ONLIMO) yang berlangsung kontinu, otomatis dan realtime.  Saat ini Kalimantan Timur sudah memiliki 2 alat ONLIMO yang ditempatkan di 2 lokasi berbeda. Di Samarinda pada tahun 2018 dan di Kutai Kartanegara pada tahun 2019 dengan menggunakan dana DAK.

(dlh)


Leave a Reply