SPARKLING, Portal Aplikasi Lingkungan Hidup DLH Kaltim

SPARKLING, Portal Aplikasi Lingkungan Hidup DLH Kaltim

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Isu strategi yang menjadi perhatian  bagi Dinas Lingkungan Hidup adalah belum adanya tata kelola terhadap layanan penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaaan lingkungan hidup di tingkat Provinsi yang terintegrasi. Integrasi sistem layanan sangat diperlukan dalam  pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang cepat, tepat, mudah diakses dan akuntabel.

Kekuatan internal Dinas sudah sangat memadai termasuk didalamnya kapasitas kelembagaan Dinas ditambah dengan kompetensi yang mumpuni  serta tersedianya prasarana dan sarana telah meningkatkan kepercayaaan stakeholder terhadap kinerja Dinas, hal mana didukung tidak hanya pada tingkat lokal dan nasional bahkan dukungan internasional yang melibatkan lembaga dengan kredibiltas yang tinggi.

Kekuatan internal yang demikian kuat, tetap menumbuhkan keinginan dan aspirasi untuk meningkatkan peran utama dinas, terutama dalam penyediaan informasi yang yang cepat dan akurat dalam rangka pembuatan keputusan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.  Hal ini seiring dalam era teknologi digital saat ini dan revousi industry 4.0, perubahan lingkungan strategis dan tuntutan pelayanan yang cepat dan dinamis.

Menjawab tantangan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melalui Kepala Dinas, Ir. E.A. Rafiddin Rizal, ST, M.Si sebagai penggagas, membuat portal layanan elektronik dengan nama SPARKLING.

SPARKLING merupakan pengembangan sistem tata kelola pelayanan elektronik perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup  yang digagas dalam proyek perubahan merupakan strategi transformasi digital yang menggabungkan berbagai kebijakan dan dan kewenangan serta penerapan lebih lanjut dari tugas pokok dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur yang selama ini berjalan sendiri sendiri dan parsial  menjadi suatu system berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dan holistik dengan tujuan memberikan layanan penyelenggaraan yang mudah diperoleh (accessible), cepat dan tepat serta aman dan akuntabel.

SPARKLING merupakan layanan yang memberikan kemudahan bagi customer/ pengguna layanan penyelenggaraan  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur yang muncul seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta meluasnya penetrasi Internet yangberbentuk sebuah program yang akan tersedia dan diakses melalui website.

Masyarakat sebagai pengguna layanan dapat dengan mudah mengakses SPARKLING dengan 2 (dua) acara, pertama melalui website Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur https://dinaslh.kaltimprov.go.id/ , kedua langsung menuju website SPARKLING https://sparkling.kaltimprov.go.id/ .

Berikut tautan video teaser tentang SPARKLING http://bit.ly/Teaser_SPARKLING

(PPID DLH Kaltim)

 


Leave a Reply