Menu

Penutupan Pelatihan Kepeminpinan Administrator Angkatan X BPSDM Prov. Kaltim, Kabid Tata Lingkungan DLH Prov.Kaltim menjadi peserta terbaik 4

By Dinas Lingkungan Hidup 07/13/2024 No Comments 2 Min Read

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Timur Corporate University (BPSDM Kaltim CorpU) melalui Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional (PKMF) menyelenggarakan Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan X. Sabtu (13/07/24).

Acara tersebut dilaksanakan di Aula BPSDM Provinsi Kalimantan Timur yang dihadiri oleh oleh Dra. Neni Dewi, M.AP (Kepala BPSDM Prov. Kaltim), Drs. Deni Sutrisno, M.Si Kepala BKD (Prov. Kaltim), Widyaiswara di BPSDM Prov. Kaltim dan perwakilan Kepala Dinas/ Kantor yang termasuk didalam undangan pada acara tersebut.

PKA Angkatan X ini diikuti 37 peserta dari berbagai perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, dimulai pada 13 Maret 2024 sampai dengan 10 Juli 2024, dengan total jam pelajaran (JP) adalah 908 JP atau setara 105 hari. Salah satu peserta PKA dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim (M.Chamidin, S.Hut., M.Si) juga menjadi bagian peserta dalam pelaksanaan PKA Angkatan X yang dilaksanakan oleh BPSDM Prov. Kaltim.

Dengan mengusung tema Aksi Perubahan Kinerja Organisasi (APKO) yang berjudul Sistem Integrasi Database Keanekaragaman Hayati (SIHATI) Berbasis Website di Provinsi Kalimantan Timur menjadi fokus Bapak M. Chamidin dalam melakukan aksi perubahan terhadap system pengumpulan database keanekaragamana hayati di Provinsi Kalimanatan Timur secara terintegrasi.

Aksi perubahan yang digagas oleh Bapak M. Chamidin ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2023 tentang “Pengarusutamaan Pelestarian Keanekaragaman Hayati Dalam Pembangunan Berkelanjutan” dengan melakukan pengintegrasian terhadap database keanekaragaman hayati antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota hingga entitas lainnya. Melalui Aksi Perubahan SIHATI diharapkan dapat memberikan informasi yang terkini sehingga dapat menjadi pertimbangan didalam dokumen perencanaan daerah dan pengambilan kebijakan oleh Kepala Daerah terkait pengelolaan keanekaragaman hayati di Provinsi Kalimantan Timur.

Hasil pengujian terhadap 37 peserta PKA ini telah dilaksanakan pada hari Jum’at 12 Juni 2024 di ruang BPSDM Prov Kaltim dan pada penutupan PKA Angkatan X tanggal 13 Juni 2024 diumumkan terdapat 5 peserta dengan predikat terbaik yaitu Predikat Terbaik I (Indun Salbiah Ningsih, S.Sos., M.Si) dari UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah Bontang, Predikat Terbaik II (Sudoto, S.Kom) dari RS. Atma Husada Mahakam, Predikat Terbaik III (Rina Kusharyanti, S.STP., M.M) dari BPSDM Prov. Kaltim, Predikat Terbaik IV (M. Chamidin, S.Hut., M.Si) dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim dan Perdikat Terbaik V (Andi Arifuddin, S.Pi. M.Si) dari BPKAD Prov. Kaltim.

Tujuan dari pelatihan kepemimpinan ini, output yang diharapkan tentu saja agar pejabat struktural memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai dalam rangka menghadirkan performa ASN yang profesional didukung dengan kompetensi yang memadai dibidang yang menjadi tanggung jawab masing-masing ASN.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *