Menu

DLH Prov.Kaltim Studi Tiru Ke Jawa Barat Belajar Arsip dan Pengelolaan Bank Sampah

By Dinas Lingkungan Hidup 09/02/2024 No Comments 2 Min Read

Bandung – Setelah menggelar Rapat Koordinasi Daerah Perlindungan  dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Untuk Menguatan nya selanjutnya dilakukan kunjungan studi tiru, Ke DLH Jawa Barat, dan Ke Bank Sampah Bersinar, Bandung Jawa Barat Kamis, (29/08/24).

Kegiatan dihadiri oleh unsur perangkat daerah terkait dari provinsi maupun Kab/kota, serta mitra pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur.

Kunjungan Pertama, Mampir Ke DLH Jawa Barat rombongan Kaltim  disambut hangat oleh, Bapak Deddy Effendi Selaku Kabid Tata Lingkungan DLH Jawa Barat dan Bapak Ahmad Efrizal, Selaku Plt Kasubag Tata Usaha.

Sesuai dengan surat yang dikirim oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Maksud dan Tujuan Kunjungan Ke Jawa Barat ialah Ingin belajar Arsip Lingkungan,  Ke DLH Jawa Barat.

Selanjutnya paparan disampaikan oleh, Bapak Ahmad Efrizal, Terkait Pengelolaan Arsip di DLH Prov Jawa Barat, Tidak hanya itu lanjut Bapak Efrizal Menjelaskan juga pengelolaan lingkungan yang ada di Provinsi Jawa Barat.

“Kita hari ini mendapatkan lebih, bukan hanya sharing arsip tetapi juga kita juga diberi semua informasi terkait pengelolaan lingkungan hidup” Ujar Noor Utami Selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan banyak nya pertanyaan dari semua DLH Kab/Kota Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan Bahwa banyak sekali yang dapat dipelajarin.

Di sesi akhir acara tak lupa DLH Prov.Kaltim dan DLH Prov. Jawa Barat Saling Bertukar, Cindramata sebagai Kenang – Kenangan, Bahwa DLH Prov.Kaltim pernah belajar Di Jawa Barat.

Selanjutnya Kunjungan Ke Bank Sampah Bersinar, seperti hal nya sebelum nya, rombongan Kaltim disambut hangat dengan Teman – Teman Bank Sampah Bersinar.

Sesuai dengan surat yang dikirim DLH Prov.Kaltim, bahwasanya Rombongan Kaltim ingin belajar terkait pengelolaan Bank Sampah.

Selanjutnya Kak Zachnaz Fairuuz atau Akrab disapa Nanas, Menjelaskan Kegiatan – Kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Bank Sampah Bersinar, Seperti hal nya Informasi terkait Sampah Bernilai Ekonomi, Pengelolaan Sampah Menjadi Bernilai, Serta Inovasi – Inovasi yang dilakukan Bank Sampah Bersinar dengan Berkolaborasi dengan masyarakat sekitar.

Tidak Hanya itu, Kegiatan dilanjutkan dengan Ka Nanas, Mengajak Rombongan Kaltim untuk berkeliling ke Area Bank Sampah Bersinar.

Saling Sharing pun tak terlewatkan, Bagaimana Keluh Kesahnya untuk menjalankan Bank Sampah, Karena perlunya pemahaman lebih untuk masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Di Menjelang Akhir kegiatan, Kedatangan CEO Bank Sampah Bersinar, Ibu Fei Febri yang sebelumnya ada kegiatan di jakarta, membuat semangat baru kepada Rombongan Kaltim yang sedang belajar.

Ibu Fei Febri, Menjelaskan Awal Mula terbentuknya Bank Sampah Bersinar Sejak dibangun pada Tahun 2014, Dengan Komitmen pada diri sendiri untuk pengelolaan sampah hal itu pula yang di tanamkan oleh teman – teman bank sampah bersinar, Sehingga Saat ini Bank Unit Sampah Bersinar tersebar dibagai pulau di Indonesia.

Lanjut Noor Utami Menyampaikan “Terkesan Bank Sampah Bersinar, Benar – Benar Bersinar kami banyak bertemu orang hebat, banyak Bekal Belajar yang kami dapatkan dalam bijak mengolah sampah” Pungkasnya.

Tak Lupa untuk tanda Kaltim Pernah Belajar, Pemberian Cindramata dan Kenangan – Kenangan Kepada Bank Sampah Bersinar, Di Wakilin CEO Ibu Fei Febri, diberikan oleh Sekretaris DLH Prov.Kaltim Ibu Noor Utami.

(PPID DLH Prov. Kaltim)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *