Bimbingan Teknis Pengurangan Sampah Melalui 3R

Bimbingan Teknis Pengurangan Sampah Melalui 3R

Category : Uncategorized

Bontang – Permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini didominasi oleh sampah yang tidak dapat diolah oleh masyarakat serta diperlukan adanya kesadaran  masyarakat untuk mencegahnya. Dalam rangka  memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas, maka Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Pengurangan Sampah Melalui 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Kegiatan yang direncanakan dilaksanakan secara marathon di 10 Kabupaten/Kota ini dimulai dari kota Bontang. Dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Kota Bontang pada tanggal 27 Februari 2020, kegiatan yang diselenggarakan bersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang ini dibuka oleh Bapak Munawwar, ST, MT selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 serta dihadiri oleh pihak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas dan Bank Sampah wilayah kota Bontang dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber, Ecco Walibar Balikpapan diwakili oleh Ibu Sri Ismudiat, SE, memberikan paparannya. Pada kesempatan tersebut beliau memberikan penjelasan mengenai sampah yang bernilai ekonomi dan  tidak, apa itu Bank Sampah, mekanisme kerja Bank Sampah, serta keuntungan dari System bank Sampah.

Dijelaskan oleh beliau bahwa Bank Sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah secara kolektif berbasis  masyarakat yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam memilah sampah langsung dari sumbernya, dimana sistem ini akan menampung sampah yang telah terpilah dan menyalurkan sampah yang bernilai ekonomis kepada pasar untuk didaur ulang, sehingga menumbuhkan social engginering di sektor informal melalui  penambahan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Di akhir kegiatan, dilakukan simulasi pemanfaatan limbah plastik berupa ecobricks yang disambut dengan antusias dari para peserta.

(zen)


Leave a Reply