Diskusi Bersama Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN

Diskusi Bersama Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN

Category : Uncategorized

 

Samarinda – Pembangunan Ibu Kota Nusantara memiliki tiga tujuan utama, sebagai simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, dimana pembangunan IKN ini juga sebagai upaya pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru, sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.

 

IKN Nusantara diharapkan bukan semata-mata memindahkan fisik ibu kota, memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan, namun lebih dari itu adalah upaya Indonesia membangun kota baru yang smart, kota baru yang kompetitif di tingkat global, membangun sebuah lokomotif baru untuk transformasi Indonesia yang berbasis inovasi dan berbasis teknologi dan green economy.

 

Sebagai salah satu dalam upaya mencapai hal tersebut, Senin 31 OKtober 2022, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan dari Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri.

 

Diterima oleh Sekretaris Dinas Ayi Hikmat dan pejabat eselon 3 beserta Sub Koordinator masing-masing seksi, dikatakan oleh Myrna kunjungan beliau kali ini bertujuan untuk bertukar fikir mengenai informasi data yang berkaitan dengan pembangunan IKN, juga bagaimana format kerjasama antara IKN dengan daerah-daerah mitra yang dalam hal ini adalah Kalimantan Timur.

 

Diungkapkan oleh beliau, beberapa instrumen yang menjadi perhatian dalam upaya pembangunan IKN ini diantaranya adalah pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan, perencanaan lingkungan, pengawasan penataan lingkungan, pengelolaan sampah dan limbah, penanggulangan bencana, serta pengaduan masyarakat.

 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Ayi Hikmat menyatakan dukungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur.

 

Diungkapkan oleh Ayi, Kalimantan Timur sangat antusias dalam rencana Ibu Kota Nusantara ini, dan Dinas Lingkungan Hidup siap berkolaborasi dan memberikan data serta informasi yang diperlukan dalam rangka pembangunannya.

 

Pada pertemuan yang berlangsung dengan hangat ini, melalui Kepala Bidang dan Sub Koordinator masing-masing seksi, diskusi dan koordinasi berlangsung dengan antusias demi terbangunnya IKN yang salah satu dari delapan prinsip pembangunannya adalah Mendesain Sesuai Kondisi Alam.

 

Yaitu pembangunan Pemerintahan dengan mempertahankan lebih dari 75% Kawasan hijau, 100% penduduk dapat mengakses ruang terbuka hijau rekreasi dalam 10 menit, dan 100% konstruksi ramah lingungan untuk setiap bangunan institusional, komersial serta hunian.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)

 


Leave a Reply