DLH Prov. Kaltim Mendampingi Kunjungan Kerja Menteri LHK di Provinsi Kalimantan Timur

DLH Prov. Kaltim Mendampingi Kunjungan Kerja Menteri LHK di Provinsi Kalimantan Timur

Category : Uncategorized

 

PENAJAM PASER UTARA – Bersama Gubernur Kalimantan Timur, DR. Ir. H. Isran Noor dengan didampingi Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si. dan E.A. Rafiddin Rizal selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Ibu DR. Siti Nurbaya bersama beberapa pejabat Eselon I dan II Lingkup Kementerian LHK di VVIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaimain Sepinggan Balikpapan.

 

Pada kesempatan kali ini, rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  dengan didampingi pula oleh beberapa Kepala UPT Lingkup KLHK yang berada di Provinsi Kalimantan Timur menjalankan beberapa agenda dalam kunjungan kerjanya.

 

“Kunjungan kerja hari ini meliputi peninjauan pembangunan persemaian IKN dengan rencana seluas ± 120 ha yanga berada pada areal IUPHHK-HTI PT. Inhutani 1 Batu Ampar, kemudian dilanjutkan dengan melihat proses pembangunan IKN di Desa Pemaluan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan diakhiri dengan melihat bekas tambang batubara Makroman di Samarinda sebagai lokasi Pencanangan Agrowisata Kayu Putih Makroman” ujar Rizal setelah kegiatan berlangsung.

 

Rizal pun menyampaikan Persemaian Modern IKN bertujuan untuk mendukung produksi bibit tanaman yang berasal dari bahan generatif atau vegetatif yang akan gunakan untuk merehabilitasi hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur khususnya IKN. Produksi jenis tanaman yang ada di Persemaian IKN berjumlah 15.000.000 batang pertahun meliputi jenis tanaman kehutanan seperti meranti, ulin, nyatoh, mahoni, bengkirai dan jenis Multi Purpose Tree Spesies (MPTS). Untuk lokasi bekas tambang di Kelurahan Makroman rencana akan digunakan sebagai tempat agrowisata dengan tanaman kayu putih dan sebagai tempat tujuan destinasi wisata dan rekreasi.

 

Setelah selesai peninjauan pada hari pertama, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) beserta rombongan kembali ke Balikpapan menuju hotel untuk beristirahat dan pada esok harinya menunggu kedatangan Presiden RI di VVIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulamain Sepinggan Balikpapan dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI dan Wakil Presiden RI di Balikpapan .

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply