Menu

Fasilitasi dalam Pengelolaan Sampah dan Penyampaian Informasi Teknologi Pengelolaan Sampah di Kabupaten Kubar

By Dinas Lingkungan Hidup 05/20/2023 No Comments 1 Min Read

Sendawar, Kabupaten Kutai Barat – Pertumbuhan penduduk yang pesat serta perubahan pola konsumtif dan praktis dengan banyak menggunakan kemasan plastik, alhasil meningkatkan juga volume, jenis, dan karakteristik sampah yang dihasilkan.

 

Mengusung tema Fasilitasi dalam Pengelolaan Sampah dan Penyampaian Informasi Teknologi Pengelolaan Sampah pada acara Pekan Kesah Kubar  yang dilaksanakan pada pada Hari Jumat, 19 Mei 2023 di kota Sendawar ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur diwakili oleh Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda Andi Sitti Asti Suriaty.  Kegiatan ini dihadiri pula oleh Pelopor Bank Sampah Unit, Bank Sampah Unit dari beberapa OPD, perwakian Kecamatan, Kelurahan, Petinggi Kampung, para ketua RT, dengan Narasumber Bank Sampah Kota Hijau.

 

Peliknya masalah persampahan telah menjadi isu nasional bahkan dunia, dimana penyelesaiannya haruslah dilakukan secara menyeluruh juga dengan peran serta  dan kepedulian seluruh lapisan masyarakat .

 

Salah satu peran serta yang cukup sigifikan adalah kehadiran Bank Sampah. Seperti halnya di Kutai Barat ini, kehadiran Bank Sampah dapat memberikan manfaat selain kebersihan lingkungan, juga nilai ekonomis untuk sampah yang bisa ditukarkan dengan uang atau ditabung dalam rekening yang dikelola oleh Bank Sampah tersebut.

 

Dimana tabungan tersebut dapat dialokasikan dalam bentuk sembako, emas, tabungan haji, dan sebagainya yang memberikan manfaat ekonomi secara langsung bagi masyarakat.

 

Melalui kegiatan ini, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkolaborasi membangun pengelolaan persampahan yang lebih baik dengan bergerak, bekerja dan menjadi produktif bersama.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)

 

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *