Inventarisasi Nilai-Nilai Penting di Kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat Site Gunung Gergaji

Inventarisasi Nilai-Nilai Penting di Kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat Site Gunung Gergaji

Category : Uncategorized

Samarinda – Tim Inventarisasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi kalimantan Timur dipimpin oleh Bapak Muhammad Fadli, S.Hut, M.Si selaku Kasi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, melakukan kegiatan Inventarisasi Nilai-Nilai Penting di Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat site Gunung Gergaji.

Didampingi oleh Juru Pelihara bimbingan dari BPCB yang bertugas mengawal menuju ke pos informasi tewet yang berada di zona Gunung Gergaji, perjalanan ditempuh melalui jalur sungai Jelai kurang lebih 30 Km selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari Desa Hamburbatu Kecamatan Bengalon menggunakan perahu menuju objek pengamatan yaitu gua Tewet dan gua Karim.

Blok karst Gunung Gergaji memiliki luas kurang lebih 5.832,57 Ha yang merupakan blok karst yang berkembang pada sayap lipatan dengan morfologi yang didominasi oleh bentukan tebing terjal dengan puncak-puncak berupa jajaran bukit karst yang lancip mirip bentuk Gergaji. Blok ini memanjang ke arah barat daya – timur laut mengikuti pola struktur utama di wilayah Sangkulirang Mangkalihat dengan lereng terjal berada di lereng bagian barat menghadap ke Sungai Marang yang berperan sebagai tenaga geomorfik pembentuk bukit terjal di sisi barat dari blok karst Gergaji serta bagian lereng timur membentuk bukit-bukit karst keruncul asimetri yang melandai ke arah timur.

Dari sisi biodiversitas, Gunung Gergaji ini memiliki nilai penting yaitu berupa habitat Orangutan, habitat endemik Sarax Cavernicola, dan ditemukan spesies ikan baru yaitu Nemachelius Marang. Kemudian dari sisi Speologi terdapat nilai penting yaitu kaya akan jumlah gua, beberapa gua diyakini memiliki dimensi yang besar. Kemudian dari sisi sosial budaya, banyak terdapat situs arkeologis, keberadaan cap tangan pada dinding gua. Kemudian dari sisi karbon Gunung Gergaji memiliki total cadangan karbon kurang lebih 3,4 Gigaton C dan total resapan 102 kiloton/tahun.

Tim Inventarisasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim yang terdiri dari 4 orang anggota ini bertolak sejak tanggal 18 Februari dan kembali tanggal 21 Februari 2020.

(zen)


Leave a Reply