Kegiatan Pilah Sampah dan Sedekah Sampah di Taman Samarendah

Kegiatan Pilah Sampah dan Sedekah Sampah di Taman Samarendah

Category : Uncategorized

 

Samarinda – Melanjutkan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak dua hari yang lalu, bertempat di taman Samarendah Kota Samarinda (20/09) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur beserta Forum Komunikasi Bank Sampah (FORKOM) Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan pemungutan sampah, pilah sampah bernilai dan sedekah sampah.

 

Ditemui di sela kegiatan, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur yang didapuk membuka kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai sampah bernilai.

 

“Jadi kita laksanakan di taman Samarendah ini, agar masyarakat mengetahui dan mengerti apa itu sampah bernilai, dengan dimana  sampah yang kita buang  ternyata bisa memberikan nilai rupiah” ujar Ayi.

 

“Kita sosialisasikan kepada masyarakat umum dan Perangkat Daerah yang kita undang mengenai perlunya memilah sampah, karena ada sampah yang bermanfaat dan dapat dipergunakan kembali” lanjut beliau.

 

Hadir pula pada kegiatan ini, Ketua Bank Sampah Kota Hijau Abdul Rahman, yang juga menjabat sebagai ketua Zona Selatan Forum Komunikasi Bank Sampah Kalimantan Timur.

 

Pada kesempatan yang diberikan, tidak lupa beliau mengajak dan menghimbau kepada masyarakan untuk mensukseskan Kaltim Bersih Sampah 2025 dengan memilah sampah dari rumah sesuai dengan jenisnya.

 

Pada kegiatan ini berhasil dikumpulkan berbagai sampah bernilai berupa botol plastic bekas sejumlah 15,2 kg, kardus bekas 14,4 kg, minyak jelantah sejumlah 7 liter, piring telur bekas sejumlah 80 lembar, buku bekas 2 kg serta beberapa jenis sampah bernioai lainnya.

 

Dikatakan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Noor Utami yang memimpin kegiatan kali ini, sebagian dari hasil penjualan akan disumbangkan juga ke beberapa panti asuhan yang beradi di sekitaran Kota Samarinda.

 

Tidak lupa atas nama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Tami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta kegiatan karena telah berpartisipasi aktif pada kegiatan pilah sampah bernilai ini.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply