Koordinasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan Lingkungan Hidup

Koordinasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan Lingkungan Hidup

Category : Uncategorized

Yogyakarta – Bersama PLH Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Ayi Hikmat, rombongan seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan Koordinasi Peningkatan Kualitas Pengelolaan Lingkungan Hidup ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakata (09/11).

Diterima oleh Kepala Bidang Penaatan, Pengkajian, dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Yogyakarta Bapak Ir. Kuncara Hadi Purwaka, MMA, Ayi mengatakan bahwa dipilihnya Daerah Istimewa Yogyakarta dikarenakan keberhasilan dan prestasi-prestasi yang telah diperoleh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pelaksanaan kegiatan Adiwiyata dan Kalpataru.

“Yogyakarta telah terbukti berhasil dalam melaksanakan kegiatan ini, dan kami harus mencontoh dengan langsung mendatangi sumbernya, kami harus menimba ilmu ini untuk bisa menerapkannya di Kalimantan Timur” ujar beliau.

Pada kesempatan ini, Ayi mengatakan bahwa Yogyakarta merupakan contoh nyata dari keberhasilan pelaksanaan Kalpataru dan Adiwiyata, “ seperti yang kita ketahui bahwa DLHK Yogyakarta pada tahun 2021 telah berhasil mendapatkan 2 kategori Kalpataru dari 4 kategori yang diajukan. Salah satunya Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan yang diraih oleh Purwo Harsono” ujarnya.

Juga dalam hal Adiwiyata, dimana menurut beliau bahwa Program Adiwiyata melalui Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) merupakan program dalam dunia pendidikan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup, “dimana harus ada komitmen dari semua pihak untuk bekerjasama maju bersama-sama mengelola dan menanamkan pembiasaan diri pada siswa/i di Sekolah dengan aspek yang menjadi penilaian yaitu kebersihan, fungsi sanitasi drainase, pengelolaan sampah, penanaman maupun pemeliharaan pohon/tanaman, konservasi air, konservasi energi, serta Inovasi Yogyakarta telah berhasil menerapkannya” pungkasnya.

Agenda berikutnya, direncanakan pada tanggal 10 November 2021 rombongan akan melaksanakan kunjungan lapangan didampingi oleh DLHK Daerah Istimewa Yogyakarta ke Tokoh Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan (Pengelolaan Hutan Pinus Mangunan) di Bantul yang dikelola oleh Tokoh Masyarakat Purwo Harsono SP yang telah berhasil meraih penghargaan Kalpataru Tingkat Nasional Kategori Perintis Lingkungan.

(PPID DLH Prov. Kaltim)

#ClimateChange #COP26


Leave a Reply