Pelatihan Penyusunan Peta Indikatif Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup

Pelatihan Penyusunan Peta Indikatif Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Sebagai upaya peningkatan kapasitas SDM pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota, terutama dalam program Penyusunan dan Inventarisasi Kajian Lingkungan, dimana dalam kegiatannya akan melakukan penyusunan Peta Indikatif Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup. Untuk itu Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Peta Indikatif Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup yang dimulai pada tanggal 18 November 2019 s.d  22 November 2019.

Pada sambutan pembuka, Kepala Dinas, Bapak Rafiddin Rizal ST,M.Si menyampaikan bahwa kemampuan dalam pembuatan Peta Daya Dukung dan Daya Tampung ini menjadi salah satu poin penting bagi DLH Prov.Kaltim. Untuk itu beliau berharap kepada semua peserta agar dapat mempelajari dan memahami dengan baik perihal pembuatannya.

Untuk diketahui, Daya Dukung Lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia, makhluk hidup lain dan keseimbangan antara keduanya. Sedangkan Daya Tampung Lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi dan/atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan kedalamnya. Unsur lingkungan hidup yang terdiri dari sumber daya hayati dan non hayati yang secara keseluruhan membentuk kesatuan ekosistem disebut Sumber Daya Alam.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam tersebut yang harus dilaksanakan berdasarkan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup. Untuk itulah perlunya dilakukan penyusunan Peta Indikatif Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup ini, sebagai dasar bagi penentuan bagi pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) maupun Rencana Kerja Jangka Panjang (RPJP), Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dan Keterangan Rencana Peruntukan (KRP) lainnya.

(zen)


Leave a Reply