Peningkatan Kapasitas Dalam Rangka Simulasi Pelaporan FCPF-CF Prov.Kaltim

Peningkatan Kapasitas Dalam Rangka Simulasi Pelaporan FCPF-CF Prov.Kaltim

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Sistem dan kelembagaan MMR REDD+ FCPF-CF di Provinsi Kalimantan Timur saat ini telah dibangun mekanisme, struktur dan SOP kelembagaan MMR bersama para pihak yang terlibat di dalamnya. Mekanisme MMR REDD+ FCPF-CF terdiri dari berbagai kegiatan dengan 2 kegiatan utama yaitu melaporkan capaian emisi (carbon accounting) dan melaporkan kegiatan pelaksanaan REDD+ melalui sistem registri. Kelembagaan MMR di Provinsi Kalimantan Timur sudah dibentuk melalui SK Gubernur Kaltim Nomor 660.2/K.511/2019 yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim.

Fase pelaporan FCPF-CF REDD+ Provinsi Kalimantan Timur akan dilaksanakan dengan tiga fase yaitu pada tahun 2021, 2023 dan 2025. Untuk mempersiapkan tim MMR Provinsi kaltim menyiapkan pelaporan program FCPF-CF Fase pertama pada tahun 2021 diperlukan simulasi pelaporan program FCPF-CF Provinsi Kalimantan Timur. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama antara KLHK dan Provinsi Kaltim dalam menyusun pelaporan fase pertama tersebut. Sekaligus untuk mengidentifikasi gap apa saja yang perlu disempurnakan dalam proses penyiapan resgitri di Nasional maupun Sub-Nasional.

Sehubungan hal tersebut, Direktorat IGRK dan MPV KLHK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur difasilitasi oleh FCPF Project P3SEKPI KLHK akan melaksanakan Peningkatan Kapasitas dalam Rangka Simulasi Pelaporan Program FCPF-CF Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 7-8 Juli 2020 di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim Samarinda.

Dimana pertemuan kali ini bertujuan untuk melakukan ujicoba format pelaporan dan Sistem Registri Nasional (SRN) dalam rangka FCPF-CF REDD+ Kaltim serta memberikan kesepahaman antara KLHK dan Provinsi Kalimantan Timur dalam Menyiapkan Pelaporan FCPF-CF REDD+ Fase Pertama.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply