Peningkatan Kapasitas Tim Teknis MMR , Update Portal MRV, dan Persiapan Validasi Tim World Bank

Peningkatan Kapasitas Tim Teknis MMR , Update Portal MRV, dan Persiapan Validasi Tim World Bank

Category : Uncategorized

 

SAMARINDA – Program penurunan emisi berbasis yurisdiksi melalui skema FCPF Carbon Fund di Kalimantan Timur sudah dilaksanakan sejak Juni 2019 dan akan berakhir pada Desember 2024.

 

Provinsi Kalimantan Timur saat ini telah memasuki tahap implementasi yang tentunya tahap tersebut sudah dimulai sejak tahun 2021, yang pada implementasi tahap awal ini sedang dipersiapkan dokumen laporan dan beserta hasil analisis datanya.

 

Dalam rangka tersebut, maka Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Tim Teknis MMR Kaltim, Update Portal MRV, serta Persiapan Validasi World Bank Dalam Implementasi PCPF-CF di Kaltim.

 

Dibuka oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Fahmi Himawan pada, dikatakan bahwa Provinsi Kalimantan Timur dibantu oleh akademisi dan para mitra pembangunan telah menyusun dokumen ERMR-1 East Kalimantan Jurisdictional Emission Reduction Program (EK-JERP) – FCPF Carbon Fund, dimana dokumen tersebut telah disampaikan kepada FCPF FMT pada tanggal 16 Mei 2022 lalu.

 

Disampaikan pula oleh beliau bahwa  Provinsi Kalimantan Timur bersama akademisi dan para mitra pembangunan juga telah melakukan perhitungan dan pengujian akurasi data pada peta tutupan lahan tahun 2020 yang tentu hasilnya juga merupakan menjadi bagian dalam penyusunan dokumen ERMR-1 pada tahun 2021.

 

“Dalam pengumpulan data aktivitas, Kaltim juga mengumpulkan data aktivitas ditahun periode 2019-2020 kedalam sistem portal MMR yang telah dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur” ujar Fahmi.

 

“Isian dalam tampilan dasbord portal MMR ini juga telah dilakukan update seperti update grafik data emisi dan update data tutupan lahan yang terbaru yaitu tahun 2021” lanjutnya.

 

Oleh karena itu, dikatakan oleh beliau bahwa pada pertemuan kali ini akan dibahas dan divalidasi secara internal terhadap dokumen  ERMR-1 yang telah disusun sehingga kegiatan pemantauan dan evaluasi pelaporan dokumen ERMR-1 dapat berlajan dengan baik.

 

Kegiatan peningkatan kapasitas hari ini pun dilanjutkan dengan update data portal MRV Kaltim, dimana portal ini berisi tentang data-data emisi terbaru, aksi yang telah dilakukan, serta data aktivitas terkait dengan implementasi FCPF-CF di Kaltim.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply