Upacara Bendera Mengenang Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke 73 di Sanga – Sanga

Upacara Bendera Mengenang Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke 73 di Sanga – Sanga

Category : Uncategorized

Sanga-Sanga –  Senin 27 Januari 2020, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi kalimantan Timur diwakili oleh Sekretaris Dinas, Bapak Drs. Ayi Hikmat, M.Si mengikuti kegiatan Upacara Bendera Mengenang Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke 73 yang bertempat di lapangan sepakbola Sanga-Sanga.

“Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena sampai saat ini kita dapat kembali hadir dan bersama-sama melaksanakan hari bersejarah ke 73, yaitu peringatan Perjuangan Merah Putih di Sanga-Sanga yang terjadi pada tanggal 27 Januari 1947”demikian pidato pembuka oleh Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Kalimantan Timur Bapak H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si.

Disampaikan oleh beliau bahwa kita mesti bersyukur dan bangga karena Sanga-Sanga menjadi salah satu kota bersejarah, kota yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan dalam merebut dan pempertahankan kemerdekaan dari belenggu penjajahan Belanda yang ingin kembali berkuasa di negeri ini, terutama menguasai minyak di Sanga-Sanga, “Peristiwa heroik itu telah menorehkan tinta emas yang patut kita kenang sepanjang masa sebagai teladan perjuangan bagi bangsa sekarang maupun yang akan datang dalam mehegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur“ lanjut beliau.

Sebagai penutup, beliau menghimbau kepada seluruh hadirin yang hadir, para guru, para orang tua, TNI dan Polri untuk dapat mencontohkan kepada generasi muda bahwa persatuan dan kesatuan adalah hal yang harus kita pertahankan sampai akhir kehidupan kita. Dan semoga Negara Kesatuan Republik Indonesia terus mendapatkan rahmat dan barokah dari Allah SWT dan NKRI harga mati kita pertahankan sampai akhir kehidupan kita.

Kemudian, ditemui setelah upacara selesai, Bapak Ayi Hikmat berpesan bahwa peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga ini merupakan contoh konkrit dalam semangat juang tinggi yang patut dicontoh oleh seluruh pegawai negeri, khususnya pegawai Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dalam menjalankan dan mengemban tugas pekerjaan sehari-hari.

(zen)


Leave a Reply