World Cleanup Day 2021, Mari Bersatu Indonesia Bersih !!

World Cleanup Day 2021, Mari Bersatu Indonesia Bersih !!

Category : Uncategorized

SAMARINDA –  19 September diperingati sebagai hari bersih-bersih sedunia yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD), yaitu salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.

Aksi World Cleanup Day sendiri merupakan aksi bersih-bersih serentak pada tahun 2008 yang diinisiasi pertama kali oleh organisasi masyarakat di Estonia Eropa Utara dengan sebutan Let’s Do It, yang mana kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 50.000 orang untuk membersihkan seluruh negara dalam waktu lima jam.

Menyambut positif dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Timur nomor 660.2/4884/EK tentang Pelaksanaan Kegiatan World Cleanup Day Indonesia 2021. 

Ditemui di ruangannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, E.A.Rafiddin Rizal segera menyambut Surat Edaran ini menjadi Langkah nyata di lapangan.

“Berbagai tindakan nyata kita canangkan dalam World Cleanup Day ini dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 24 September 2021” ujar beliau.

Sesuai dengan Surat Edaran yang telah dilayangkan tersebut, seluruh  Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur diminta partisipasinya dalam kegiatan ini dengan melibatkan Bank Sampah, Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kaltim, komunitas serta penggiat peduli lingkungan.

“Sebagai pengampu kegiatan ini, rencana kegiatan sedang disusun oleh DLH Kaltim, mulai dari bersih-bersih lingkungan di rumah masing-masing hingga kegiatan pilah sampah dari rumah dan menabung di Bank Sampah” paparnya.

Lebih lanjut Rizal menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam hal ini melalui Dinas Lingkungan Hidup berkomitmen dalam menjaga lingkungan hidup khususnya di wilayah Kalimantan Timur, beliau mengajak seluruh masyarakat berperan serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Mari seluruh masyarakat Kalimantan Timur kita sukseskan kegiatan mulia ini, mari Bersatu Untuk Indonesia Bersih, dengan cara pilah sampah dari rumah untuk mencapai Kaltim Bersih Sampah 2025” tutup beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply