29 Sekolah di Kaltim Raih Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

29 Sekolah di Kaltim Raih Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

Category : Uncategorized

Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menorehkan tinta emas terkait dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan, dalam bentuk Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Disampaikan oleh Ir. E.A. Rafiddin Rizal, ST., M.Si., IPM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur bahwa sejumlah sekolah di Kabupaten dan Kota di Kaltim berhasil memboyong penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, melalui program Adiwiyata.

“DLH Provinsi Kaltim pada tahun 2021 telah melakukan seleksi administrasi terhadap pengusulan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CSAN) dan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSAM) yang disampaikan oleh Kabupaten/Kota”

Dari hasil penilaian dan seleksi administrasi, diperoleh CSAN dan CSAM yang memenuhi persyaratan yang kemudian dilakukan penilaian lebih lanjut oleh Dewan Pertimbangan Adiwiyata (DPA) PUSLATMAS PGL – KLHK RI.

Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh DPA PUSLATMAS PGL – KLHK RI, sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SK.1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021, tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 dan Nomor SK.1078/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021, tentang penetapan Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2021, ditetapkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dan Tingkat Mandiri Provinsi Kaltim Tahun 2021, terdapat 29 sekolah penerima penghargaan terdiri dari 24 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 5 Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Berikut Daftar Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri dari Provinsi Kaltim yang menerima penghargaan dari KLHK RI:

Rizal menambahkan bahwa  penghargaan yang diterima sejumlah sekolah di Kaltim, merupakan prestasi yang sangat membanggakan, dan menambah jumlah perolehan sekolah Tingkat Nasional dan Mandiri dengan perolehan penghargaan dari tahun 2019 – 2021 Adiwiyata tingkat Nasional berjumlah 129 sekolah dan sekolah tingkat Mandiri berjumlah 50 sekolah.

“Semoga tahun-tahun selanjutnya Kaltim kembali menjadi salah satu provinsi peraih penghargaan terbanyak dalam upaya perlindungan dan penglolaan lingkungan hidup,” harapnya. DLH Provinsi siap memfasilitasi dan mendukung Adiwiyata pada semua tingkatan, dari Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional dan Tingkat Mandiri, ucap Rizal.

Sebagaimana diketahui, Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal, dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program ini diharapkan semua warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Sementara itu, penyerahan penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri akan dilakukan pada, Jumat (24/12/2021), pukul 08.00 WIB secara virtual oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar

Kegiatan penyerahan penghargaan tersebut juga dirangkai dengan talkshow yang mengangkat topik pembahasan mengenai perempuan dan alam.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply