Bimbingan Teknis Pengurangan Sampah Melalui 3R di Berau

Bimbingan Teknis Pengurangan Sampah Melalui 3R di Berau

Category : Uncategorized

Berau – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melanjutkan marathon 10 kota kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sampah Melalui 3R. Kali ini Kabupaten Berau ditetapkan sebagai lokasi kedua dengan pelaksanaan bimtek berlokasi di ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau pada tanggal 12 Maret 2020.

Serupa dengan kegiatan yang telah dilakukan di kota Bontang sebelumnya, kegiatan yang diselenggarakan bersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau ini dibuka oleh Bapak H. Zulkifli Azhari, SH selaku Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Berau dan dihadiri oleh bank sampah yang ada di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas serta Bank Sampah skala RT di wilayah kota Tanjung Redeb Kabupaten Berau dan sekitarnya.

Ibu Sri Ismudiat, SE sebagai narasumberdari Ecco Walibar Balikpapan memberikan penjelasan mengenai sampah yang bernilai ekonomi, administrasi yang baik, apa itu Bank Sampah, mekanisme kerja Bank Sampah, serta keuntungan dari sistem Bank Sampah.

Dijelaskan oleh beliau bahwa Bank Sampah merupakan suatu sistem pengelolaan sampah secara kolektif berbasis  masyarakat yang mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam memilah sampah langsung dari sumbernya, dimana sistem ini akan menampung sampah yang telah terpilah dan menyalurkan sampah yang bernilai ekonomis kepada pasar untuk didaur ulang, sehingga menumbuhkan social engginering di sektor informal melalui  penambahan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Di akhir kegiatan, dilakukan simulasi pemanfaatan limbah tas kain belanja (shopping bag) rumah tangga menjadi pouch yang diikuti oleh seluruh peserta bimtek.

(zen)


Leave a Reply