Dinas Lingkungan Hidup Prov.Kaltim Menerima Kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi UNMUL

Dinas Lingkungan Hidup Prov.Kaltim Menerima Kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi UNMUL

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Geologi Universitas Mulawarman (HMTG). pada hari Senin, tanggal 23 September 2019. Pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat Adiwiyata tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus menambah wawasan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Mulawarman.

Dalam pertemuan kali ini, Dinas Lingkungan Hidup Prov.Kaltim yang diwakili oleh Bapak Ir.H.Syahrir selaku Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, didampingi oleh Bapak Ahmad Fais, ST Kepala Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan serta Bapak Yudi Chaliq  R, SE Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan. Dalam kesempatan tersebut  Bapak Ir.H. Syahrir menyamparkan Visi dan Misi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, dimana V isi yang diemban adalah terwujudnya kualitas lingkungan hidup yang baik. Selain itu pula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur mengemban tugas untuk mengawal Program Pembangunan Pemerintah Daerah yang menjadi salah satu  Visi Gubenur  Kaltim berdasarkan formulasi hasil analisis terhadap potensi daerah, permasalahan mendasar dan isu-isu strategis yang terjadi di Kalimantan Timur.

Kemudian, lanjut beliau, misi yang diemban oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur terdiri dari beberapa poin sebagai berikut :

  • Mewujudkan pengelolaan lingkungan hidu yang efektif melalui peran aktif para pemangku kepentingan;
  • Mewujudkan pencegahan dan pengendalian dampak kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup;
  • Mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup berperspektif perubahan iklim;
  • Berperan aktif dalam mendukung terwujudnya pembangunan daerah berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan.

Dari diskusi yang dilakukan, salah satu poin penting adalah tentang tindak lanjut pengaduan. Dijelaskan bahwa apabila kewenangan pengaduan di Provinsi maka pengaduan tersebut akan diproses oleh Dinas Lingkungan  Provinsi Kalimantan Timur dan apabila kewenangannya menjadi tanggung jawab Kabupaten maka akan diproses oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota. Namun jika tidak terdapat titik temu maka akan dinaikkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Di akhir pertemuan, Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Unmul yang diwakili oleh Saudara  Reza Fauzie menyerahkan serifikat sebagai ucapan terima kasih atas diterimanya kunjungan HMTG yang diterima oleh Bapak Ir.H.Syahrir. Diharapkan pertemuan kali ini bukanlah yang terakhir dan dapat dilakukan kembali di masa-masa mendatang.

(zen)


Leave a Reply