Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Melaksanakan Upacara Hari Pahlawan

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Melaksanakan Upacara Hari Pahlawan

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Tanggal 10 November tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dihadiri oleh Kepala Dinas beserta seluruh pegawai, dan sebagai Inspektur Upacara adalah Sekretaris Dinas, Bapak Drs Ayi Hikmat M.Si.

Pada pidatonya, Inspektur Upacara menyampaikan pesan dari Menteri Sosial RI,Bapak Juliari Batubara, dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2019. Beliau mengatakan bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan  lebih  menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar….”. Selain itu. Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa  kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi pahlawan  masa  kini  dapat dilakukan oleh  siapapun  Warga  Negara Indonesia, dalam  bentuk  aksi-aksi  nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidakmenyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Pada kesempatan yang sama, dibacakan juga beberapa pesan-pesan pahlawan antara lain :

Pesan Pahlawan Nyi Ageng Serang,

“Untuk keamanan dan kesentausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya,dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya “.

Pesan Pahlawan Nasional Abdul Muis,

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang.

Pesan Bung Tomo,

“Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan“

Pesan Ki Hajar Dewantara,

“Ing ngarso sung tulodo (Di depan memberi contoh)”,  “Ing madyo mangun karso (Di tengah memberi semangat)”,  “Tut wuri handayani (Di belakang memberi dorongan)”.

Sebagai penutup, Inspektur Upacara mengingatkan kepada seluruh pegawai Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, bahwa semangat Hari Pahlawan ini agar bisa diterapkan dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

(zen)


Leave a Reply