Focus Discussion Group Penguatan Tim MMR dan Pembahasan Integrasi Portal MMR

Focus Discussion Group Penguatan Tim MMR dan Pembahasan Integrasi Portal MMR

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Kamis (27/08) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur beserta Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan kegiatan Focus Discussion Group Penguatan Tim MMR dan Pembahasan Integrasi Portal MMRdengan SRN-PPI KLHK.

Didapuk sebagai pembuka kegiatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Bapak E.A Rafiddin Rizal, ST, M.Si menegaskan bahwa pengembangan potal MMR ini yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup beserta mitra pembangunan bertujuan sebagai pusat data dan informasi terkait kondisi emisi di Provinsi Kalimantan Timur khususnya deforestasi dan degradasi hutan.

MMR merupakan sistem Measurement, Monitoring and Reporting terkait kondisi emisi tersebut. Dimana diharapkan dengan terbentuknya Portal MMR ini, akan memberikan kemudahan informasi kepada seluruh pihak mengenai kondisi emisi khususnya deforestasi dan degradasi hutan di Kalimantan Timur.

 “Kegiatan ini menjadi pilot project bagi daerah lain, untuk itu pelaksanaan kegiatan ini harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya” terang beliau.

“Terkait tentang portal informasi” lanjut beliau, “Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur juga telah mengembangkan sebuah portal informasi berupa Sistem Pelayanan Elektronik Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPARKLING)”.

Yang mana merupakan layanan yang memberikan kemudahan bagi para pengguna layanan mengenai penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur.

“Diharapkan dengan dibentuknya berbagai portal, baik itu Portal MMR maupun SPARKLING, maka segala informasi dan pelayanan dapat dengan mudah diberikan kepada masyarakat” kata beliau.

Di akhir sambutan, beliau menyatakan bahwa Provinsi Kalimantan Timur menyambut dengan sangat antusias program ini.

“Kami menyambut dengan baik dan siap bekerja sekuat tenaga untuk menyelesaikan kegiatan ini hingga tuntas” pungkas beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply