Kegiatan Bakti Masyarakat Hari Pramuka ke 59 di DLH Kaltim

Kegiatan Bakti Masyarakat Hari Pramuka ke 59 di DLH Kaltim

Category : Uncategorized

SAMARINDA – “Satu hari satu kebaikan”, tagline yang dicanangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur pada Peringatan Hari Pramuka ke 59 dengan tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid 19 dan Bela Negara”

Demikian dijelaskan oleh Bapak Drs, Ayi Hikmat, M.Si selaku Sekretaris Dinas saat prosesi penanaman pohon di Area Pengembangan Tanaman Kehati Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan kegiatan dari Saka Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup (11/08).

Saka Kalpataru merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. Saka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup ini menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

Terdiri dari 3 (tiga) Krida, yaitu Krida  Pengelolaan Sampah, berkaitan dengan tupoksi Bidang Pengelolaan Sampah. Kemudian Krida Perubahan Iklim, berkaitan dengan Bidang Tata Lingkungan Seksi Pemeliharaan. Serta Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati, berkaitan dengan Bidang Tata Lingkungan Seksi Pemeliharaan.

Perubahan iklim dan lingkungan saat ini merupakan dampak dari perubahan kemajuan teknologi dan pemanfaatan sumber daya alam hayati yang berlebihan, sehingga berdampak mengganggu keseimbangan ekosistem, menurunnya kualitas dan daya dukung lingkungan, serta hilangnya keanekaragaman hayati.Di wilayah daratan, tanah, sungai, danau telah tercemar, kekurangan dan kesulitan air bersih menjadi masalah sehari-hari yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat.

Kerusakan dan pencemaran lingkungan tidak hanya terjadi di daratan, namun juga terjadi di pesisir dan laut. Degradasi pesisir, hilangnya hutan mangrove akibat berubah fungsi menjadi tambak, penebangan mangrove, abrasi pantai, pemboman terumbu karang, serta eksploitasi hasil laut secara berlebihan mengakibat hilang dan berkurangnya keanekaragaman hayati di pesisir dan di laut.

Pengelolaan sumber daya alam untuk pemanfaatan secara bijaksana, berkesinambungan perlu diupayakan dengan mengubah perilaku dan sikap masyarakat khsususnya anggota Gerakan Pramuka, akan pentingnya kesadaran, pengetahuan dan keterampilan tentang lingkungan dan isu permasalahan lingkungan.

“Untuk itu Gerakan Pramuka harus berperan aktif dalam upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan,Pramuka sebagai Patriot Lingkungan Hidup harus memiliki semangat cinta lingkungan untuk tetap terus menjaga, memelihara dan melindungi kelestarian lingkungan hidup” lanjut beliau.

Untuk diketahui, bahwa berbagai kegiatan pelestarian lingkungan hidup telah dicanangkan, Gerakan Aksi LIngkungan (GAUL), Gerakan menanam sati Pramuka satu pohon, Lihat Sampah Ambil (LISA), Perangi (pungut) Sampah Plastik.

“Gudep Ramah Lingkungan merupakan kegiatan penghijauan dan pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka, hal baik ini harus dapat terus ditingkatkan, dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan” tutup beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply