Rapat Daring Pokja Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayari Kalimantan Timur Tahap ke Empat

Rapat Daring Pokja Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayari Kalimantan Timur Tahap ke Empat

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Seperti diketahui bahwa tujuan dari Rencana Induk Pengelolaan Keenakearagaman Hayati Provinsi Kalimantan Timur ini adalah untuk memberikan gambaran dan arahan dalam mengelola sumberdaya hayati yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Timur sehingga dalam pengelolaannya secara teknis dapat berjalan secara terstruktur, sistematis dan terukur, dengan tujuan akhir bahwa pengelolaan keanekaragaman hayati ini secara lestari dapat tercapai.

Pada rapat yang dipimpin oleh Bapak Fahmi Himawan, ST, MT. Selaku Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur secara daring (11/08) ini disampaikan progres yang telah dicapai.

Dipaparkan bahwa dari hasil pemantauan atas keanekaragaman spesies di Kalimantan Timur, terdata lebih dari 3000 jenis vegetasi, lebih dari 300 jenis burung yang hidup secara alami, lebih dari 250 jenis mamalia yang beberapa diantaranya merupakan mamalia langka spesies penting di Kaltim, serta lebih dari 100 jenis amphibi dan reptil.

Juga teridentifikasi beberapa permasalahan pokok pada pengelolaan Kehati yang harus diselesaikan, yaitu masalah pengelolaan dan pemanfaatan data keanekaragaman hayati yang belum optimal, adanya perubahan bentang alam dan tutupan lahan, adanya ekspolitasi sumber daya alam secara berlebihan, minimnya sumber daya manusia yang kompeten, serta kebijakan pengelolaan keanekaragaman hayati yang belum maksimal.

Berdasarkan hal tersebut, terhadap dokumen Rencana Induk Pengelolaan Kehati sebelumnya, tim penyusun telah menyelesaikan pembaharuan isi dokumen, perbaharuan data, tambahan rencana kerja, serta rencana konsultasi publik. Dimana hingga saat ini, tim telah menyelesaikan perbaharuan dan perbaikan isi dokumen pada bab 1 hingga bab 3.

Dan target/rencana selanjutnya, tim akan melakukan konsultasi publik terhadap dokumen yang telah tersusun, sebagai masukan dari masyarakat dalam menyempurnakan dokumen RIP Kehati ini.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply