Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim Menegaskan Perlunya Penerapan Teknologi Pada Sektor Pertambangan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kaltim Menegaskan Perlunya Penerapan Teknologi Pada Sektor Pertambangan

Category : Uncategorized

 

SAMARINDA – Hadir pada Seminar Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022 PT. Insani Bara Perkasa yang berlangsung di Hotel Mercure Samarinda (07/02), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur E.A. Rafiddin Rizal didapuk untuk memberikan sambutannya.

 

Dengan mengusung tema Penerapan Inovasi dan Teknologi Pengelolaan Lingkungan yang berkelanjutan di Sektor Pertambangan, dikatakan oleh Rizal bahwa pertemuan ini dapat menyegarkan kembali komitmen kita terhadap masalah lingkungan hidup.

 

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022 ini merefresh kembali terhadap peringatan Hari Lingkungan Hidup yang pertama kali digagas 50 tahun yang lalu di Stockholm” Buka Rizal.

 

“Dengan tema yang sama yaitu Only One Earth, yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Satu Bumi Untuk Masa Depan” lanjutnya.

 

Pada konferensi Stockholm tersebut terdapat 5 aspek yang dibahas, pemukiman, pendidikan, pengelolaan sumberdaya alam, pencemaran, dan pembangunan.

 

“Dimana 3 poin terakhir erat sekali dengan kegiatan tambang yang dilakukan selama ini” tuturnya.

 

Terkait dengan tema hari ini, maka perhatian kita tertuju pada pencemaran sungai yang terjadi dikarenakan kegiatan pertambangan. Dimana jika ada kegiatan pembuangan air limbah, maka menjadi tugas pelaku usaha untuk menerapkan inovasi dan teknologi untuk pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan.

 

“Jangan sampai pembuangan limbah hasil kegiatan mempengaruhi kualitas air di badan air tersebut, jadi konsepnya harus konkrit” tegasnya.

 

“Pemerintah Provinsi selalu siap dan welcome terhadap investasi, namun tentunya harus tetap mengacu kepada peraturan yang berlaku, khususnya di bidang lingkungan hidup”  tuturnya pula.

 

Dipungkaskan oleh beliau dengan menekankan bahwa dengan tema only one earth berarti ketika kita menggunakan sumberdaya alam yang ada di Kalimantan Timur ini, perlu diingat bahwa bumi ini juga milik generasi penerus, jangan sampai kegiatan eksploitasi terhadap sumber daya alam akan menimbulkan duka bagi generasi penerus tersebut.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply