Kunjungan Lapangan ke Danau Kaskade Mahakam dalam tema “Peran Para Pihak Dalam Pengelolaan Danau Kaskade Mahakam”

Kunjungan Lapangan ke Danau Kaskade Mahakam dalam tema “Peran Para Pihak Dalam Pengelolaan Danau Kaskade Mahakam”

Category : Uncategorized

DESA PELA  – Danau Kaskade Mahakam merupakan danau yang sudah ditetapkan kedalam Kawasan Strategis  Provinsi Kalimantan Timur dan juga termasuk kedalam 15 prioritas nasional.  Dimana  dengan penetapan tersebut, maka  Danau Kaskade Mahakam ini menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan, agar daya dukung dan daya tampung lingkungan tetap terjaga sejalan dengan visi pengelolaan Danau Kaskade Mahakam yaitu terkelolanya Danau kaskade Mahakan secara lestari yang mampu memberi daya dukung bagi kehidupan bagi masyarakat dan lingkungannya.

Danau Kaskade Mahakam ini sendiri merupakan Kawasan yang terdiri dari 3 (tiga) danau besar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Danau Jempang dengan luas 15.000 ha, Danau semayang dengan luas 13.000 ha, dan Danau Melintang dengan luas 11.000 ha. Selain 3 (tiga) danau tersebut, juga terdiri danau-danau kecil lainnya seperti Danau Bongan, Danau Belibis, Danau Tawar, Danau Kedang Murung serta beberapa danau lainnya.

Dalam rentang waktu 3 hari, mulai hari Senin (25/10) hingga dijadwalkan berakhir pada hari Kamis (28/10), Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan KunjunganLapangan ke Danau Kaskade Mahakam yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Zaratustra Rahmi dan Ketua Forum DAS Dr.Mislan.

Hadir pula pada kunjungan kali ini Kasub Direktorat Pengendalian Kerusakan Danau Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir.Inge Retnowati, ME, serta unsur Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai barat serta unsur stakeholder/dunia usaha di wilayah  Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Barat.

“Peran para pihak dalam pengelolaan Danau Kaskade Mahakam” demikian buka Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, E.A. Rafiddin Rizal menyinggung tema pada kegiatan yang dilaksanakan kali ini.

Diungkapkan oleh beliau bahwa danau merupakan bagian penting dari suatu landscape atau sebuah DAS, Dimana perlu diketahui bahwa pada danau melekat berbagai fungsi ekologi, hidrologi, sosial dan ekonomi, mempengaruhi tidak hanya kehidupan lokal tetapi juga regional, yang sebab itu danau harus dikelola dengan baik, agar semua fungsinya dapat dinikmati umat manusia secara berkelanjutan.

“Karena begitu pentingnya Danau Kaskade Mahakam ini, baik dilihat dari segi lingkungan, ekonomi maupun sosial bagi masyarakat Kalimantan Timur, maka dalam Perda No.1 Tahun 2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Danau Kaskade Mahakam ini ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi (KSP)” ujar Rizal.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kunjungan lapangan kali ini bertujuan untuk melihat secara langsung peranan para pihak dalam menyelamatkan kelestarian Danau Kaskade Mahakam. “ Sehingga sepulangnya kita dari kunjungan ini, bisa merumuskan dan mengambil langkah-langkah kebijakan dalam merestorasi Danau Kaskade Mahakam ini “pungkasnya.

(PPID DLH.Prov.Kaltim)


Leave a Reply