Mempelajari Secara Langsung Konsep Pembangunan Siak Hijau

Mempelajari Secara Langsung Konsep Pembangunan Siak Hijau

Category : Uncategorized

SIAK – Melanjutkan studi banding di Provinsi Riau, pada hari kedua (13/10) Tim RPPEG Provinsi Kalimantan Timur yang kali ini dipimpin oleh Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Noor Utami menyambangi Kabupaten Siak.

Dengan mengusung tekad mempelajari mengenai konsep pembangunan Siak Hijau, tim diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak  Wan Fazri Auli bersama Kepala Bappeda Kabupaten Siak yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pembangunan Siak Hijau Wan Muhammad Yunus.

Kebijakan Siak Kabupaten Hijau mendorong prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dalam pemanfaatan sumberdaya alam serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Dimana prinsip ini memiliki tujuan salah satunya adalah memanfaatkan sumber daya alam sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat dengan tetap memegang prinsip kelestarian dan berkelanjutan.

Demikian diungkapkan Wan Muhammad yunus pada pemaparan yang diberikan.

Lebih lanjut beliau memaparkan, diharapkan kebijakan tersebut pada akhirnya dapat menekan kerusakan sumberdaya alam khususnya gambut dan DAS di wilayah Siak,  juga dapat memanfaatkan sumberdaya alam yang tidak berdampak pada kerusakan terhadap fungsi dan keberlanjutannya.

Ditemui setelah berlangsungnya kegiatan, Sub Koordinator Seksi Inventarisasi RPPLH dan KLHS Wilma Kania Febrina yang juga bertindak sebagai koordinator pada kegiatan kunjungan Tim RPPEG ke Provinsi Riau ini mengatakan bahwa Konsep Siak Kabupaten Hijau sangat baik untuk dapat diterapkan di Kalimantan Timur.

Dikatakan oleh Wilma, implementasi Siak Hijau ini dilakukandengan berkolaborasi multipihak dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring hingga evaluasinya.

“Konsep seperti ini dapat diterapkan di Kalimantan Timur, dimana kolaborasi dilakukan bersama antara pemerintah daerah, organisasi masyarakat, hingga sektor swasta” tutur Wilma.

Lebih lanjut Wilma mengatakan, dalam pengelolaan ligkungan hidup diperlukan dukungan semua pihak.

“Melihat apa yang telah dilakukan oleh Kabupaten Siak ini, maka dapat kita simpulkan perlunya memperkuat kelembagaan daera serta memperkuat kolaborasi antara para pihak dalam menjalankan program ini” ujarnya.

“Dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak karena telah menerima Tim RPPEG Kaltim kali ini, hasil pembelajaran hari ini akan sangat bermanfaat dalam penyusunan RPPEG Provinsi Kalimantan Timur” tutup beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply