Penerimaan Penghargaan PROKLIM 2020

Penerimaan Penghargaan PROKLIM 2020

Category : Uncategorized

Samarinda – Kota Samarinda meraih Tropy Penghargaan ‘Program Kampung Iklim Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat pada Acara Yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan Pusat pagi tadi  Jumat 23 Oktober 2020 dengan mengusung tema : DEKLARASI PROKLIM AKSI BERSAMA PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM TINGKAT TAPAK, yang di hadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan jajarannya, Kementerian yang terkait, Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten seluruh Indonesia, Mitra/Lembaga Non Pemerintah/ Perguruan Tinggi, Lembaga Peneliti dan Praktisi bidang Perubahan Iklim.

Provinsi Kalimanta Timur  melalui Dinas Lingkungan Hidup mengapresiasi dan sangat bangga dengan kerja keras Pemerintah Kota Samarinda dalam membina Calon Kampung Iklim ini hingga mengantarkan pada puncaknya meraih Penghargaan Tingkat Nasional sebagai Peraih Tropy di penghargaan Proklim Tahun 2020.

Pemerintah Kota Samarinda menghadiri acara tersebut melalui  secara online via zoom meeting  di hadiri langsung oleh SEKDA Kota, KA INSPEKTORAT, KA BAPPEDA, plt. KA BPKAD, KA. BAPENDA, KABAG ADBAN, MANAJER PT. PLN UP3 Samarinda serta Ka. DLH Kota Samarinda,  sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim menghadiri acara virtual secara terpisah di kantor beliau . 

Ada dua lokasi yang diajukan oleh Kota Samarinda sebagai Kampung Iklim yaitu Kelurahan Sambutan dan Kelurahan Pulau Atas dimana Kelurahan Sambutan mendapatkan Tropy dan Kelurahan Pulau atas mendapatkan Sertifikat.

Sementara ada tiga lokasi calon Kampung Iklim yang lolos untuk Provinsi kalimantan Timur yang di verifikasi lapangan oleh KLHK dan didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota, pada bulan September 2020, yaitu Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kota Bontang. Ketiga Kota tersebut sebagai Proklim Utama, dan yang mendapatkan Tropy hanya Kota Samarinda. Untuk Kota Balikpapan dan Kota Bontang mendapatkan Sertifikat.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur mengucapkan Selamat kepada Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Bontang atas prestasi ini dan diharapkan ini akan menjadi penyemangat bagi daerah-daerah lain serta calon-calon lokasi program kampung iklim seluruh Kalimantan Timur.

(PPID DLH Kaltim)


Leave a Reply