Penguatan Kapasitas SDM dalam Reviu Dokumen Profil Kehati dan Dokumen RIP Kehati

Penguatan Kapasitas SDM dalam Reviu Dokumen Profil Kehati dan Dokumen RIP Kehati

Category : Uncategorized

SAMBOJA – Tahun 2021 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur fokus dalam pembaharuan Dokumen Profil Kehati dan RIP Kehati sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 29 Tahun 2009 tentang pedoman konservasi keanekaragaman hayati di daerah sebagai baseline kehati di Provinsi Kalimantan Timur. Untuk mendukung hal tersebut, perlu dilakukan reviu dokumen kehati yang dilakukan oleh pakar yang ahli dibidangnya yang dilaksanakan di Balitek KSDA Samboja.

Dalam tahap proses tersebut, diterima langsung oleh Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (BALITEK KSDA), DR. Ishak Yassir, S.Hut, M.Si, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Yudha Harfani, melaksanakan penguatan kapasitas SDM dalam Reviu Dokumen Profil Kehati dan RIP Kehati di Ruang Rapat BALITEK KSDA Samboja (22/10).

Pada kesempatan ini, dipaparkan bahwa pendekatan spasial dalam pengelolaan keanekaragaman hayati sudah perlu dilakukan, pendekatan spasial ini dapat membuat file file SHP guna nantinya sebagai pengambilan kebijakan, dimana dengan adanya revisi tata ruang, RPJMD pada tahun ini maka ini menjadi kesempatan untuk merencanakan pengelolaan kehati sesuai dengan nomenklatur PERMENDAGRI Nomor 90 Tahun 2019.

Penyusunan dokumen Profil Kehati dan RIP Kehati ini mengikuti sistematis format tamplate yang mengacu pada permen LH no 29 tahun 2009 yang diharapkan mampu menggambarkan potensi kehati yang terdapat di kaltim, mencangkup tingkatan ekosistem spesies dan genetik baik yang alami maupun yang telah dibudidayakan dan menggambarkan langkah upaya yang dilakukan dalam waktu 5 tahun kedepan, langkah pemerintah apa saja yang akan dilakukan dalam pengelolaan kehati.

(PPID DLH.Prov.Kaltim)


Leave a Reply