Peningkatan Kapasitas SDM Pengguna Web SIHATI

Peningkatan Kapasitas SDM Pengguna Web SIHATI

Category : Uncategorized

 

Balikpapan – Dalam rentang waktu dua hari, tanggal 24 hingga 25 Agustus, Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Pengguna Web Sistem Informasi Kehati (SIHATI) Provinsi Kalimantan Timur.

 

Sistem Informasi Kehati merupakan tata kelola data dan  informasi dalam bentuk database yang disajikan dengan  menggunakan media teknologi informasi untuk  mendukung pengelolaan keanekaragaman hayati.

 

Dimana dalam kegiatan konservasi Keanekaragaman Hayati, informasi yang didapatkan digunakan sebagai pedoman dalam mengidentifikasi komponen Kehati, pengembangan produk pangan maupun obat-obatan, mengetahui potensi Kehati, hingga penyusunan kebijakan dan rancang tindak pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

 

Dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur E.A. Rafiddin Rizal, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Akademisi, dan Mitra Pembangunan.

 

Diungkapkan oleh beliau, Kalimatan Timur merupakan habitat berbagai tumbuhan dan satwa endemik dikarenakan masih memiliki berbagai tipe ekosistem, terutama ekosistem hutan hujan tropis yang mana dataran rendahnya terkenal dengan kekayaan hayatinya.

 

Oleh karena itu, Kalimantan Timur berkomitmen mempertahankan dan mengelola kawasan hutan dan kenaekaragaman hayatinya.

 

“Tekad tersebut salahsatunya dituangkan dalam perwujudan website SIHATI ini” ujar Rizal.

 

“Dan agar terkelola dengan baik dan benar, tentunya diperlukan pengetahuan dan pemahaman dalam mengoperasikan Sistem Informasi Kehati ini” lanjutnya.

 

Beliaupun menyatakan bahwa peningkatan kapasitas SDM dan sosialisasi terkait penggunaan SIHATI ini berperan penting bagi operator maupun kontributor dalam memberikan informasi dan data yang benar.

 

“Jadi dengan diadakannya kegiatan ini, kami berharap akan menghasilkan tenaga teknis yang handal dan profesional dalam penyusunan database Keanekaragaman Hayati Kalimantan Timur” ujarnya lagi.

 

Dalam dua hari pelaksanaanya, banyak tanggapan dan masukan yang diberikan oleh peserta baik yang hadir secara luring maupun daring, Rizal pun mengungkapkan terima kasihnya dan menerima semua masukan untuk dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembenahan web SIHATI.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply