Rakor Pengelolaan Sampah dan Aksi Bersih Pantai di Maratua

Rakor Pengelolaan Sampah dan Aksi Bersih Pantai di Maratua

Category : Uncategorized

 

Maratua – Bertempat di PRATASABA RESORT pada tanggal 18 s/d 19 Mei dilakukan Rapat Koordinasi Pengelolaan Sampah SeKalimantan Timur, dengan peserta dari Dinas Lingkungan Hidup Kab/kota, Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi, PT Multi Harapan Utama, PT. Kideco Jaya Agung dan PT. Berau Coal, baik yang hadir secara offline maupun online. Rapat dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim yang diwakili secara offline oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Berau selaku tuan rumah .

 

Dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, upaya pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat yang meliputi Pemerintah baik Pusat dan Daerah, akademisi, aktivis, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional dan bahkan individual.

 

“Selain itu, maksud dan tujuan dari dilaksanakannya pertemuan ini bagi Kabupaten/Kota adalah dalam rangka mengekspose berbagai inovasi serta keberhasilan-keberhasilannya terkait Pengelolaan Sampah berdasarkan karakteristik daerah masing-masing” ujar Rizal.

 

Pada kesempatan ini pula, dihasilkan beberapa kesepakatan Pelaksanaan Pengelolaan Sampah untuk mencapai Kalimantan Timur Bersih Sampah 100 % di Tahun 2025 (Sektor Pengurangan 30 % dan Sektor Penanganan 70 %).

 

Kesepakatan mengenai prinsip pengelolaan sampah, yang dalam hal ini menngunakan prinsip 3R ( Reduce, Reuse,Recycle ) dan SALAM 5M RINDU BANK RAMLI, yaitu Mengurangi, Memilah, Memanfaatkan, Mendaur ulang dan Menabung di BANK RAMAH LINGKUNGAN, yang dilakukan secara bersama dalam mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat, kualitas lingkungan yang baik dan juga menjadikan sampah sebagai sumber daya yang bernilai ekonomi.

 

Selain itu, juga dihasilkan kesepakatan mengenai kewajiban dan kewenangan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, jenis sampah yang harus dikelola, permasalahan pengelolaan sampah yang harus dijadikan perhatian, serta pelaksanaan pemantauan sampah plastik di pesisir dan laut yang memiliki target 70 % di tahun 2025.

 

 

Selain itu dalam mendukung kegiatan Aksi Bersih, telah diserahkan bantuan alat Chainsaw dari PT. Multi Harapan Utama dan PT. Mitar Hijau Asia sebanyak 4 (empat) unit untuk diserahkan di  4 (empat) Desa yang ada di Kepulauan Maratua yaitu Desa Payung-Payung, Desa Bohe Selian, Desa Teluk Harapan, dan Desa Teluk Alulu.

 

Juga dilaksanakan kegiatan Aksi Bersih yang dilakukan di Desa Payung-Payung, Desa Teluk Harapan, serta pantai di Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki yang dilakukan oleh seluruh panitia, peserta Rakorda Sampah dan masyarakat sekitar.

 

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply