Serah Terima Web Portal MMR Untuk Mendukung MRV Subnasional Program REDD+ Kalimantan Timur

Serah Terima Web Portal MMR Untuk Mendukung MRV Subnasional Program REDD+ Kalimantan Timur

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Bersama Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) dan Word Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan serah terima Portal MMR untuk mendukung MRV Subnasional program REDD+ Kalimantan Timur bertempat di Hotel Midtown (24/03).

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Dinas, Bapak E.A.Rafiddin Rizal mengungkapkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim dibantu oleh WWF Indonesia telah membangun portal data MRV dengan tujuan sebagai tools dan informasi data sebagai bagian dari kegiatan penurunan emisi GRK dari sektor lahan/berbasis REDD+.

“Peran portal data MRV ini masuk ke dalam program Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund (FCPF-CF) sebagai informasi yang akan digunakan dalam pembagian insentif terkait penurunan emisi GRK berbasis REDD+, yaitu penghitungan emisi karbon dari sektor lahan berupa kegiatan deforestasi dan degradasi hutan” buka beliau.

“Dimana portal data ini juga berfungsi untuk mengelola sistem MMR pada tingkat sub-nasional, menghimpun, menstandarisasi dan menganalisis seluruh data yang terkait pengukuran karbon hutan dan sebagai dasar ilmiah dalam pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan” lanjut beliau terkait dengan sistem informasi yang dapat diakses melalui link http://mrv.kaltimprov.go.id ini.

Sebagai informasi, Pada Tahun 2020, telah dilakukan pengembangan sistem pada portal MMR Kaltim oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim dengan menambahkan skema BSM dan skema Safeguard. Pengembangan portal tersebut tentunya dilakukan dengan melihat beberapa aspek penting sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dalam implementasi program FCPF. Harapannya dengan adanya portal ini, tentu akan memudahkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim dan Tim Teknis MMR yang telah dibentuk untuk melaksanakan program FCPF di Provinsi Kalimantan Timur.

Dan untuk Tahun 2021, telah di agendakan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan Web Portal MMR Kalimantan Timur (pelatihan, penyusunan kelembagaan MMR, pengenalan data aktivitas dari berbagai sektor, dll) dan penyusunan laporan ER monitoring report yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim dan DDPI Kaltim. Kegiatan  tersebut dalam pelaksanaannya menggunakan pembiayan dari APBD Kaltim Tahun 2021 dan mitra pembangunan (YKAN dan WWF).

Lebih lanjut Rizal mengatakan, dengan telah berakhirnya pembiayan Project WWF Indonesia untuk kegiatan pengembangan Web Portal MMR Kaltim pada akhir Maret Tahun 2021 ini, maka keberlanjutan pengelolaan Web Portal MMR Kaltim akan di serah               terimakan kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim untuk dapat dikelola dengan baik.

“Oleh sebab itu, maka pada hari ini dilakukan penandatangan Berita Acara serah terima 1 (satu) Web Portal MMR untuk mendukung MRV Subnasional Program REDD+ Provinsi Kalimantan Timur kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur dari World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia” lanjut Rizal.

“Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada WWF Indonesia  yang  telah mendukung pembangunan Web Portal MMR Kalimantan Timur yang sudah tentu harapannya  tetap bisa saling membantu bersama Dinas LH Provinsi Kalimantan Timur dalam pengembangan kapasitas SDM dalam pengelolaan Web Portal di masa akan datang” pungkas beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply