Soft Launching SPARKLING

Soft Launching SPARKLING

Category : Uncategorized

Samarinda – Diresmikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Ir.H. Muhammad Sa’bani, M.Sc, secara daring, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan Soft Launching Aplikasi SPARKLING (01/10).

Sebagai penggagas aplikasi ini, Bapak Ir.E.A. Rafiddin Rizal, ST, M.Si selaku Kepala Dinas memaparkan bahwa  SPARKLING yang merupakan akronim dari Sistem Pelayanan Elektronik Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup ini adalah strategi transformasi digital yang menggabungkan berbagai kebijakan dan dan kewenangan serta penerapan lebih lanjut dari tugas pokok dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur yang selama ini berjalan sendiri sendiri dan parsial  menjadi suatu system berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dan holistik dengan tujuan memberikan layanan penyelenggaraan yang mudah diperoleh (accessible), cepat dan tepat serta aman dan akuntabel.

Aplikasi ini dipersiapkan sebagai layanan yang memberikan kemudahan bagi customer/ pengguna layanan penyelenggaraan  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur yang muncul seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta meluasnya penetrasi Internet dengan bentuk sebuah program yang akan tersedia dan diakses melalui website yang memungkinkan customer pengguna dalam jangka panjang untuk mendapatkan beberapa layanan secara online.

Lebih lanjut dijelaskan oleh beliau bahwa pembuatan SPARKLING ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang PPLH, mengamanatkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah diamanahkan untuk mengembangkan sistem informasi lingkungan hidup. Selain itu, diawali dengan diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembang e-Government dan diperkuat dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana saat ini dengan revousi industry 4.0 diharapkan perubahan lingkungan strategis dan tuntutan pelayanan yang cepat dan dinamis.

Hingga akhir tahun 2020 ini telah dan sedang dibuat 4 aplikasi terkait Lingkungan Hidup, berupa :

    1. Aplikasi Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)
    2. Aplikasi Pengaduan Pencemaran dan/atau Perusakan Lingkungan HIdup
    3. Aplikasi Izin Pembuangan Air Limbah ke Laut
    4. Aplikasi Layanan Informasi Kualitas Air dan Udara Secara Realtime

Dan untuk tahun 2021 direncanakan akan membuat beberapa aplikasi lagi berupa :

    1. Pengembangan dan pembaharuan aplikasi LImbah B3 dan PROPER
    2. Izin pembuangan pengumpulan limbah skala Provinsi
    3. Rekomendasi pengumpulan limbah skala Nasional
    4. Beberapa aplikasi lainnya terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

Lebih lanjut beliau berharap dengan diterapkannya aplikasi SPARKLING ini masyarakat umum dan stakeholder dapat terlayani dan meningkatkan kinerja ASN agar pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien. Diharapkan pengembangan aplikasi ini akan lebih meningkatkan kualitas dan meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses penggunaannya.

(PPID DLH Kaltim)


Leave a Reply