Sosialisai dan Pelatihan Penerapan Aplikasi SIDA

Sosialisai dan Pelatihan Penerapan Aplikasi SIDA

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Diterima oleh Kepala Dinas Bapak E.A.Rafiddin Rizal, Tim Prakom yang dipimpin oleh Kabid Bidang Aplikasi dan Telematika (Aptika) Diskominfo Kaltim Ibu Normalina mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur (19/05).

Bertempat di Ruang rapat Adipura, kedatangan ini berkenaan dengan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Digital Administasi (SIDA) dan Tandatangan Elektronik / Digital Signature (DS) dimana Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari enam perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim yang didaulat menjadi Pilot Project pada penerapan aplikasi ini.

Untuk diketahui, SIDA merupakan aplikasi besutan Diskominfo Kaltim yang merupakan bentuk implementasi SPBE yang merubah sistem administrasi tata naskah dinas konvensional menjadi digital dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik dan mengintegrasikan jalur koordinasi lintas Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Ditemui disela kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh seluruh pegawai ini, Rizal mengatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur sangat mendukung penerapan aplikasi ini.

“Kami sangat mendukung penerapan aplikasi ini” ujar beliau.

“Aplikasi ini merupakan salah satu langkah maju Pemprov Kaltim di era revolusi industri 4.0, dimana sistem administrasi yang sebelumnya dilakukan secara manual dapat ditransformasikan ke sistem elektronik, menjadi paperless” lanjut beliau.

Diungkapkan demikian oleh beliau, karena melalui Aplikasi SIDA ini kegiatan surat menyurat yang biasanya menggunakan kertas, bertransformasi menjadi digital, dengan mekanisme persuratan yang tidak berubah.

Di akhir kegiatan, Rizal menyatakan komitmenbeliau terhadap penerapan aplikasi ini dengan segera mengimplementasikannya pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply