FGD Pembahasan Desain Fitur Safeguards dan BSM di Dalam Portal MMR Kaltim

FGD Pembahasan Desain Fitur Safeguards dan BSM di Dalam Portal MMR Kaltim

Category : Uncategorized

Samarinda – Dibuka oleh Kepala Dinas, Bapak E.A. Rafiddin Rizal, ST, M.Si, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pembahasan desain fitur safeguards dan BSM dalam portal MMR.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim beserta jajaran Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan ini diselenggarakan secara daring di Ruang Rapat Adiwiyata.

“Sebagaimana kita pahami, bahwa Provinsi Kaltim telah dipilih oleh Pemerintah Indonesia sebagai lokasi percontohan “Penurunan Emisi dari Deforestasi dan Degrdasi Hutan (REDD+)” buka beliau.

FCPF Carbon Fund merupakan sebuah implementasi program untuk mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan (REDD+) dengan skema pembayaran berbasis kinerja. Dimana untuk mengimplementasikan pembayaran berbasis kinerja atau sering disebut Result Based Payment (RBP) dalam rangka REDD+ diperlukan sistem Measurement (Pengukuran), Monitoring (Pemantauan), Reporting (Pelaporan) and Verification (Verifikasi) (MMR/MRV).

 “Untuk itu, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur telah membangun sebuah portal data Measurement, Reporting and Verification (MRV/MMR) berbasis REDD+ yang nantinya akan digunakan sebagai tempat informasi data terkait kondisi emisi di Provinsi Kalimantan Timur dari sektor lahan khususnya dari deforestasi dan degradasi hutan yang tentunya akan mendukung pelaksanaan program FCPF- Carbon Fund di Kalimantan Timur” lanjut beliau.

Hingga saat ini,  progres Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan tim sedang mengembangkan portal MRV/MMR ini serta menambah skema Beneffit Sharing Plan (BSP) dan Safeguard kedalam portal data MRV/MMR sehingga harapannya system portal ini dapat memiliki informasi yang lebih lengkap dalam mendukung program FCPF-Carbon Fund di Kalimantan Timur.

“Berkaitan dengan hal tersebut maka perlunya dilakukan pembahasan lebih mendalam mengenai bagaimana desain fitur yang ada dalam safeguards dan BSM yang kemudian akan dimasukkan kedalam system portal MRV/MMR Dinas Lingkungan Hidup Prov.Kaltim yang saat ini sudah ada, kami di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur sangat berterima kasih terutama pada P3SEKPI-KLHK yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini dan tidak lupa juga saya ucapkan terimaksih kepada Bapak/Ibu yang telah hadir dalam acara ini dan kami mohon berkenan untuk dapat mengikuti kegiatan ini hingga tuntas dan dapat memahami dengan jelas” pungkas beliau.

(PPID DLH Kaltim)


Leave a Reply