Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Pada jumat pagi (04/06) ditemui di ruang kerja beliau, Kepala Dinas LIngkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan bahwa “Restorasi ekosistem untuk masa depan lingkungan yang berkelanjutan” merupakan tema hari LIngkungan Hidup Tahun 2021 sesuai arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Restorasi ekosistem ini membantu pemulihan ekosistem yang telah rusak sekaligus melestarikan ekosistem yang masih utuh, sehingga diharapkan akan hadir ekosistem yang baik, yang memiliki keanekaragaman hayati berlimpah, serta memberi manfaat yang lebih besar bagi kehidupan” lanjut beliau.

Hari lingkungan hidup sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 05 Juni sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan. Hari lingkungan hidup juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan melanjutkan tekad kita dalam mengatasi tantangan lingkungan hidup yang dihadapi dunia saat ini. Hari lingkungan hidup sedunia diperingati sejak tahun 1974 dalam bentuk kampanye untuk menyampaikan keberhasilan upaya penyelamatan yang merupakan bagian dari SDGs Pemerintah, perusahaan, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, selebriti dan masyarakat di seluruh lapisan dunia mengadopsi Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan berpartisipasi dalam perayaan setiap tahunnya untuk mendukung kelestarian lingkungan hidup.

Dikatakan oleh beliau bahwa melalui Restorasi Ekosistem ini, banyak  aspek  lingkungan hidup diwujudkan, upaya mitigasi perubahan iklim dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, juga penyelamatkan keanekaragaman hayati guna memperkuat ketahanan pangan dan sumber energi.

“Pengelolaan Restorasi Ekosistem ini haruslah menjadi tata Kelola yang berkelanjutan, sehingga akan memberikan manfaat tidak saja untuk Kalimantan Timur, namun juga Indonesia dan bahkan Dunia” tutur beliau.

Untuk mendukung upaya penyelamatan lingkungan hidup, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur telah mencanangkan beberapa rencana aksi dalam pembangunan berkelanjutan atau Susitainable Development Goals (SDGS) antara lain diantaranya : melaksanakan pembangunan hijau Kalimantan Timur,  pelaksanaan Forest Carbon Partnership Facility (FCPF), menjalankan pembangunan perkebunan kelapa sawit rendah emisi dan berkelanjutan, mendukung pengelolaan kawasan lindung, kawasan ekosistem esensial dan kawasan konservasi laut, termasuk pengelolaan habitat orang utan berskala bentang alam lintas Kabupaten Kutai Timur  Berau, perlindungan spesies penting dan habitatnya dan banyak program dan kegiatan lain yang dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah baik di provinsi dan kabupaten/kota serta seluruh stakeholder masyarakat Kalimantan Timur.

“Dengan keterlibatan seluruh elemen masyarakat berupa sinergi dan komitmen yang kuat antara pemerintah, seluruh elemen masyarakat dan komunitas peduli lingkungan, maka saya meyakini meyakini bahwa ekosistem yang rusak dapat dipulihkan, baik itu hutan, perkotaan, pertanian, hingga lautan, antara pemerintah, masyarakat dan berbagai komunitas lingkungan” lanjutnya.

Hal ini menjadi penting menurut beliau karena dengan memulihkan ekosistem ini maka akan memberikan pengaruh positif juga kepada hajat hidup orang banyak, salah satunya dapat memberikan sumber mata pencaharian bagi orang-orang yang bergantung padanya yang tentunya hal tersebut juga dapat membantu kita dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply