Penyusunan Visi, Misi dan Program Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kaltim Tahun 2021

Penyusunan Visi, Misi dan Program Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kaltim Tahun 2021

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Dilaksanakan secara daring dan luring, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Penyusunan Visi, Misi dan Program Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kaltim Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Bapak E.A.Rafiddin Rizal (02/06).

Dilaksanakan di ruang rapat Adipura, kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, anggota Tim Efektif PKA II 2021, serta ketua, sekretaris, ketua bidang, dan anggota Forum Komunikasi Bank Sampah se-Kalimantan Timur.

“Forum ini dibentuk dan difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim sebagai media yang menjembantani antara pihak pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mendukung percepatan pengurangan dan penanganan sampah di Provinsi Kalimantan Timur” Buka Rizal.

Dalam rangka mewujudkan Kaltim Bersih Sampah serta mewujudkan kemandirian pengelolaan sampah, maka menurut beliau perlu diambil langkah percepatan.

“Langkah-langkah percepatan berupa program maupun kegiatan yang sistematis seperti kegiatan hari ini yang harus kita lakukan” ujar beliau

“Program kegiatan yang sistematis, menyeluruh, berkelanjutan, juga bersinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat merupakan hal yang penting” lanjut beliau.

Untuk diketahui, Bank Sampah merupakan salah satu strategi dalam pengelolaan sampah secara bijak, dan menurut beliau, sangat diperlukan dukungan regulasi, kelembagaan, pembiayaan, pemberdayaan masyarakat dan teknologi untuk mencapai keberhasilan dalam mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat.

Dari kegiatan hari ini, berhasil dirumuskan Visi dan Misi yang diusung oleh Forum Komunikasi Bank Sampah ini.

Dengan Visi sebagai media yang memfasilitasi berbagai pihak untuk berperan aktif dalam membangun ekosistem persampahan yang berkelanjutan dalam mewujudkan Kalimantan Timur bersih sampah dan salah satu misinya yaitu mewujudkan Provinsi Kalimantan Timur Bersih Sampah 2025, Rizal berharap forum ini akan terus konsisten dan berkomitmen kuat dalam permasalahan persampahan di Provinsi Kalimantan Timur ini.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply