Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Mengawali Bulan Maret Tahun 2021, Dinas Lingungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya adalah Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RevisiRencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019-2021.

Pada kegiatan yang dihadiri Oleh Gubernur Kaltim, H Isran Noori ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, Bapak E.A Rafiddin Rizal menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan pemangku kepentingan yang relevan.

Dikatakannya bahwa dengan tujuan teridentifikasinya target serta capaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan, isu pembangunan berkelanjutan juga isu pembangunan berkelanjutan yang paling strategis, maka perlu melibatkan Instansi Pemprov, Pemerintah Pusat, Akademisi, Filantropi dan Mitra Pembangunan.

Dijelaskan oleh beliau, kegiatan Konsultasi Publik ini merupakan hal yang penting karena KLHS bukan merupakan proses teknokratik atau ilmiah saja, melainkan merupakan proses deliberatif yang mengutamakan keterlibatan para pemangku kepentingan, sehingga KLHS ini sarat proses komunikasi melalui negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama serta mengatasi konflik yang bisa terjadi dalam proses KLHS ini.

Dalam pelaksanaannya, dipaparkan oleh beliau, dilakukan banyak metode diskusi kelompok terfokus (focus discussion group) yang bertugas membahas beberapa isu secara khusus dengan anggota yang terbatas daripada model diskusi publik terbuka (public hearing).

Sehingga diskusi mengenai beberapa isu spesifik dapat dilakukan secara khusus dan tajam dengan jumlah peserta yang terbatas, agar dialog dan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply