Rakor Penerapan Aplikasi Bank Sampah se-Kaltim

Rakor Penerapan Aplikasi Bank Sampah se-Kaltim

Category : Uncategorized

Samarinda – Bank sampah merupakan suatu wadah yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah terpilah, dimana hasil dari pengumpulan sampah tersebut akan disetorkan ke pengepul sampah untuk dikelola maupun dimanfaatkan lebih lanjut, dengan tujuan untuk membantu menangani pengolahan sampah dan juga untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat yang memiliki nilai ekonomis.

Masih dalam tema tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur membuat terobosan inovasi berbasis teknologi berupa aplikasi Bank Sampah Kalimantan Timur.

Diselenggarakan secara daring, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Noor Utami memperkenalkan aplikasi tersebut kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota/Kabupaten se-Kalimantan Timur (28/12).

Dipaparkan oleh beliau bahwa sesuai dengan amanat Kepala Dinas, maka dalam rangka tindak lanjut penerapan pelaporan oleh Forum Bank Sampah se-Kalimantan Timur, akan diterapkan melalui Aplikasi Bank Sampah Kalimantan Timur  yang direncanakan dimulai pada tahun 2022.

Beliau mengatakan bahwa aplikasi ini dibuat untuk mempermudah dan mengkoordinir seluruh Bank Sampah yang ada di Kalimantan Timur, dimana seluruh Bank Sampah yang ada diharapkan dapat terdata dengan baik dan rapi, dimana ini merupakan pembuktian komitmen Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur terhadap pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply