Roadshow Pendampingan PPID Pembantu di DLH Kaltim

Roadshow Pendampingan PPID Pembantu di DLH Kaltim

Category : Uncategorized

SAMARINDA – Bertempat di Ruang Rapat Adipura, Rabu (14/04), Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur menerima kunjungan dari PPID Utama Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka Roadshow Pendampingan PPID Pembantu bersama Komisi Informasi Kaltim.

Kehadiran PPID Utama yang dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Bapak Muhammad Faisal, S.Sos, M.Si ini menyampaikan hasil evaluasi Monitoring Keterbukaan Informasi Publik (SEMAKIN) tahun 2020 berdasarkan pengisian Self Assesment Question (SAQ) Monev PPID Dinas Lingkungan Hidup Kaltim.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur, E.A.Rafiddin Rizal, mengungkapkan bahwa kedatangan tim dari PPID Utama ini memberikan wawasan tentang keterbukaan informasi.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik di lingkungan Pemerintah Provinsi, maka kami mengoptimalkan tugas dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pembantu pada DLH Kaltim untuk dapat melakukan pelayanan atas kebutuhan informasi kepada msyarakat luas” ujar beliau.

Dimana untuk mengimplementasikan hal tersebut, DLH Kaltim menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram serta Twitter, dan juga aplikasi elektronik yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat yaitu Sistem Pelayanan Elektronik Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (SPARKLING) pada website Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim.

SPARKLING merupakan portal layanan yang memberikan kemudahan bagi customer/ pengguna layanan , baik untuk mendapatkan informasi maupun permohonan penyelenggaraan  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi kaltim yang dapat langsung diakses melalui website dinas https://dinaslh.kaltimprov.go.id/ maupun langsung menuju https://sparkling.kaltimprov.go.id/

Lebih lanjut beliau menekankan bahwa DLH Prov.Kaltim berkomitmen kuat dalam keterbukaan informasi,

“Kami siap bersinergi dengan Kominfo Kaltim untuk keterbukaan informasi, dan segera membenahi beberapa kekurangannya” ujar beliau.

(PPID DLH Prov. Kaltim)


Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons